Asal Nama Grobongan Ternyata dari Sebuah Sayembara Masa Lalu? Cek Sejarah Lengkap, Fakta Menarik dan Julukan Kabupaten Grobongan Jawa Tengah

Asal Nama Grobongan Ternyata dari Sebuah Sayembara Masa Lalu? Cek Sejarah Lengkap, Fakta Menarik dan Julukan Kabupaten Grobongan Jawa Tengah

daerah-grobongan.go.id -

RIVAL.co.id - Asal Nama Grobongan Ternyata dari Sebuah Sayembara Masa Lalu? Cek Sejarah Lengkap, Fakta Menarik dan Julukan Kabupaten Grobongan Jawa Tengah. 

Grobogan, salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, memancarkan pesona sejarah yang unik dan menarik.



adv

Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah, dengan jumlah penduduk yang mencapai 1.453.526 jiwa.

Dibalik keindahannya, Grobogan juga menyimpan cerita sejarah tentang asal-usul nama dan peristiwa-peristiwa menarik yang melatarbelakangi pembentukannya.

Baca juga: AJAIB! Rekomendasi 5 Pilihan Jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan: Cek di Sini Mulai Harga, Kandungan hingga Manfaatnya!


mg2

Asal-Usul Nama Grobogan

Nama Grobogan ternyata memiliki dua versi sejarah yang menarik. Yang pertama berasal dari legenda tentang Sunan Ngundung ketika ia memasuki wilayah Kerajaan Majapahit.

Di sana, Sunan Ngundung menemukan sejumlah benda pusaka yang ditinggalkan. Benda-benda pusaka tersebut kemudian dikumpulkan dalam sebuah wadah bernama "grobog."

Grobog adalah tempat penyimpanan berbagai benda berharga seperti senjata, barang pusaka, wayang, perhiasan, dan lainnya.

Namun, saat dalam perjalanan menuju Demak, grobog tersebut tertinggal di suatu tempat. Sebagai tanda kenangan, tempat tersebut dinamai Grobogan, yang berarti "tempat grobog yang tertinggal."

Baca juga: Gak Banyak yang Tahu! Asal Usul Nama Bantul Ternyata Berasal dari Kata 'Mentul-mentul' Apa Itu? Simak Sejarah dan Julukan Daerahnya

Baca juga: Pesta Olahraga Universitas Sedunia ke-31 (Summer World University Games) di Sichuan, China, Akan Tampilkan Tema Pesona Kota Panda

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr