Gak Banyak yang Tahu! Asal Usul Nama Bantul Ternyata Berasal dari Kata 'Mentul-mentul' Apa Itu? Simak Sejarah dan Julukan Daerahnya

Gak Banyak yang Tahu! Asal Usul Nama Bantul Ternyata Berasal dari Kata 'Mentul-mentul' Apa Itu? Simak Sejarah dan Julukan Daerahnya

daerah-fahmi-sudira/unplash-

RIVAL.co.id - Gak Banyak yang Tahu! Asal Usul Nama Bantul Ternyata Berasal dari Kata 'Mentul-mentul' Apa Itu? Simak Sejarah dan Julukan Daerahnya. 

Bantul, sebuah kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyimpan beragam kisah sejarah yang mencerminkan keberanian dan kepahlawanan.



adv

Tempat ini dulunya menjadi tempat bermukim beberapa pahlawan ternama seperti Pangeran Mangkubumi, Sultan Agung, dan Pangeran Diponegoro.

Namanya pun tak bisa dilepaskan dari cerita-cerita heroik tokoh-tokoh besar Jawa. Tetapi, bagaimana sebenarnya asal-usul nama dan sejarah Kabupaten Bantul ini?

Asal-Usul Nama Bantul


mg2

Asal-usul nama Bantul bisa ditelusuri dari legenda Panembahan Senopati dan Ki Ageng Mangir Wanabaya.

Dalam Babad Mangir, terdapat cerita bahwa Ki Ageng Mangir menikahi Pambayun, putri Panembahan Senopati.

Sayangnya, hubungan Ki Ageng Mangir dan Panembahan Senopati tidak baik pada waktu itu. Pada suatu perjalanan menuju Kotagede, sasrahan yang dibawa oleh para pembantu Ki Ageng Mangir tiba-tiba bergerak dengan sendirinya dan melambai-lambai.

Inilah yang kemudian menginspirasi nama daerah ini, Bantul. Versi lain dari cerita menyebutkan bahwa hati Ki Ageng Mangir "mentul-mentul" atau ragu-ragu. Kata "mentul-mentul" atau "ngembat mentul" kemudian menjadi dasar penamaan Kabupaten Bantul.

Baca juga: Pesta Olahraga Universitas Sedunia ke-31 (Summer World University Games) di Sichuan, China, Akan Tampilkan Tema Pesona Kota Panda

Baca juga: Berprestasi dalam Sektor Pertanian, Indonesia Raih Tiga Penghargaan Dunia dari FAO, WOAH hingga HPAI

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr