Pulau Jawa Terbelah Jadi 9 Provinsi! Simak Wacana Pemekaran Pulau Jawa, Provinsi Mataram Kabupaten Mana Saja?

Pulau Jawa Terbelah Jadi 9 Provinsi! Simak Wacana Pemekaran Pulau Jawa, Provinsi Mataram Kabupaten Mana Saja?

ILUSTRASI-Faridaridhwan/pixabay-

 

4. Provinsi Banyumasan 

Provinsi Banyumasan ini menjadi salah satu provinsi baru yang merupakan pemekaran dari Jawa Tengah. Kabupaten yang akan bergabung yakni Kabupaten Banyumas, kabupaten Brebes, kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, dan Kota Purwokerto.  Ibukota provinsi berada di Kota Purwokerto. 



adv

5. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 

Daerah ini akan dibuat dengan adanya sejumlah wilayah kabupaten yang nantinya akan bergabung dan menjadi satu wilayah yang sama. Kabupaten ini terdiri dari Kota Surakarta Kabupaten Sukoharjo Kabupaten Klaten Kabupaten Karanganyar Kabupaten Boyolali Kabupaten Sragen dan Kabupaten Wonogiri ibukota provinsi berada di Kota Surakarta. 

6. Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara 


mg2

Kabupaten yang akan bergabung dengan provinsi baru ini yakni terdiri dari Wilayahnya mencakup kabupaten Kudus Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora  dan Kabupaten Grobogan. Sedangkan ibukota provinsi akan berada di kabupaten Kudus 

7. Provinsi Mataram 

Provinsi Mataraman ini akan menjadi salah satu kabupaten yang akan tergabung dan menjadi satu provinsi yang mana terdiri dari Kabupaten Kediri, kota Kediri, kabupaten Blitar, kota Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Madiun, kota Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Ponorogo.

8. Provinsi Madura 

Provinsi Madura ini akan dibentuk dan akan menjadi salah satu wilayah yang mana akan ada sejumlah kabupaten yang akan tergabung yakni Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Sumenep, dan kota Pamekasan, yang akan dimekarkan dari kabupaten ibukota provinsi berada di kota Pamekasan.

9. Provinsi Blambangan 

Provinsi ini akan menjadi salah satui provinsi yang akan segera membentu dengan sejumlah kabupaten yang akan turut terlibat yakni Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi  Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, kabuoaten Probolinggo, Kota Probolinggo dan Kabupaten Lumajang.  

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr