Provinsi Jawa Utara Segera Dibentuk? Simak 9 Usulan Wacana Provinsi Baru di Pulau Jawa Beserta Kabupatennya

Provinsi Jawa Utara Segera Dibentuk? Simak 9 Usulan Wacana Provinsi Baru di Pulau Jawa Beserta Kabupatennya

ILUSTRASI-map data/google-

 

Indonesia yang saat ini memililki ibu kota dan provinsi yang semakin banyak dan tersebar akan berencana kembali membentuk wilayah baru yang mana akan ada 9 daerah usulan yang akan membentuk provinsi baru di Pulau Jawa. 

Pulau Jawa yang kini dikenal dengan tiga provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah ini direncanakan aklan terus melakukan pemekaran wilayah yang mana akan bertambah menjadi enam daerah lainnya. 



adv

Provinsi ini dikabarkan akan melakukan pemekaran dari Jawa Barat dan DKI Jakarta. Dibawah ini akan diberikan lebih detail mengenai sejumlah provinsi baru di Pulau Jawa yang akan diwacanakan dibentuk. 

1. Tangerang Raya 

Provinsi ini menjadi salah satu provinsi yang dibentuk karena adanya pemekaran wilayah yang terjadi pada sejumlah kabupaten yang nantiny akan bergabung ke provinsi ini. Diantaranya, Kabupaten Tangerang, kota Tangerang, kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang Utara, yang akan dimekarkan dari Kabupaten Tangerang dan kota Tangerang Tengah yang juga akan dimekarkan dari Kabupaten Tangerang. Ibukota provinsi berada di Kota Tangerang.


mg2

2. Provinsi Bogor Raya 

Provinsi ini masuk sebagai salah satu pemekaran dari Jawa Barat. Pasalnya ada sejumlah daerah yang kabarnya akan bergabung pada provinsi ini diantaranya mencakup kabupaten kota Bogor Kota Depok Kabupaten Bekasi Kota Bekasi Kabupaten Sukabumi Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Ibukota provinsi berada di kota Bogor. 

3. Provinsi Cirebon 

Provinsi Cirebon ini juga diwacanakan akan jadi provinsi baru yang mana ada sejumlah wilayah salah satunya yakni dengan adanya kabupaten Cirebon, kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan kabupaten Kuningan, ibu kota provinsi berada di Kota Cirebon.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr