Kota Khatulistiwa, Ternyata Pontianak Punya Banyak Rahasia, Simak Fakta Mengejutkan Daerah Titik Nol d Indonesia

Kota Khatulistiwa, Ternyata Pontianak Punya Banyak Rahasia, Simak Fakta Mengejutkan Daerah Titik Nol d Indonesia

Pontianak--

Baca juga: Ngak Nyangka Banget! Ternyata Ini Asal Usul Nama Trenggalek, Artinya Unik

Baca juga: Profil dan Biodata Sushmita Sen Lengkap Medsosnya, Mantan Miss Universe yang Punya 2 Anak Namun Belum Menikah



adv

Asal usul nama Kota Pontianak memiliki beberapa versi cerita yang berbeda. Beberapa dari versi-versi ini termasuk cerita tentang gangguan kuntilanak, Pohon Punti, Pontian, dan Kun Tian.

Ini adalah beberapa versi cerita tentang asal usul nama Kota Pontianak:

1. Cerita Gangguan Kuntilanak:


mg2

Salah satu versi cerita mengenai asal usul nama Pontianak berhubungan dengan kisah Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie, pendiri dan sultan pertama Kerajaan Pontianak.

Diceritakan bahwa setiap kali Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie menyusuri Sungai Kapuas, ia selalu diganggu oleh kuntilanak.

Untuk mengusir kuntilanak tersebut, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie terpaksa melepaskan tembakan meriam. Lokasi di mana peluru meriam jatuh kemudian menjadi tempat berdirinya kerajaan.

Peluru meriam tersebut jatuh di persimpangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak, yang sekarang dikenal sebagai Bering.

Baca juga: Cuma 5 Persen Warga Subang yang Tahu! Asal Muasal Nama Kota Subang Bikin Terkejut, Simak Juga Sejarah dan Julukan Subang Jabar

Baca juga: Spoiler Drama Korea Arthdal Chronicles: The Sword of Aramun Episode 5 Sub Indo – Berikut Link Nonton, Bocoran Sinopsis Terbaru & Jadwal Tayang

2. Berasal dari Pohon Punti:

Ada versi lain yang menyebut bahwa nama Pontianak berasal dari kata "Pohon Punti," yang merujuk kepada pohon-pohon yang sangat tinggi.

Penyebutan "Pohon Punti" ini muncul dalam surat dari Husein bin Abdul Rahman Al-Aidrus kepada Syarif Yusuf Al-Kadrie.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr