Kota Khatulistiwa, Ternyata Pontianak Punya Banyak Rahasia, Simak Fakta Mengejutkan Daerah Titik Nol d Indonesia

Kota Khatulistiwa, Ternyata Pontianak Punya Banyak Rahasia, Simak Fakta Mengejutkan Daerah Titik Nol d Indonesia

Pontianak--

RIVAL.co.id - Kota Khatulistiwa, Ternyata Pontianak Punya Banyak Rahasia, Simak Fakta Mengejutkan Daerah Titik Nol d Indonesia

Cerita tentang asal usul nama Kota Pontianak memang memiliki beberapa versi yang berbeda.



adv

Dalam cerita yang paling terkenal, kaitannya dengan kuntilanak dan Pohon Punti mungkin lebih bersifat mitos atau legenda.

Namun, dalam konteks sejarah resmi berdirinya Kota Pontianak, cerita yang lebih sahih adalah sebagai berikut:

Baca juga: Nonton Knowing Bros Episode 402 Sub Indo, Berikut Link Download Legal Terlengkap hingga Daftar Pemain


mg2

Baca juga: Sedapnya Kebangetan! Sie Reuboh Makanan Khas Aceh Terbuat dari Olahan Daging Asam-Gurih yang Punya Resep Rahasia Tidak Biasa

Kota Pontianak didirikan pada tanggal 24 Rajab 1181 Hijriyah, yang bertepatan dengan tanggal 23 Oktober 1771 Masehi.

Pada saat itu, rombongan Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie membuka hutan di persimpangan tiga Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal. Tempat ini kemudian diberi nama Pontianak.

Di bawah kepemimpinan Syarif Abdurrahman Alkadrie, Kota Pontianak berkembang menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan yang strategis.

Baca juga: Ternyata Ini, Asal Usul Nama Kota Palembang, Fakta Menarik dan Sejarah Kota Tertua di Indonesia

Baca juga: Profil dan Biodata Sushmita Sen Lengkap Medsosnya, Mantan Miss Universe yang Punya 2 Anak Namun Belum Menikah

Pada tahun 1192 Hijriyah, Syarif Abdurrahman Alkadrie dinobatkan sebagai Sultan Pontianak pertama.

Pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Masjid Raya Sultan Abdurrahman Alkadrie dan Istana Kadariah, yang kini terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

Sejarah ini lebih berfokus pada peristiwa pendirian kota dan kepemimpinan Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie daripada legenda tentang kuntilanak atau Pohon Punti.

Meskipun cerita-cerita lainnya mungkin masih dikenang dan menjadi bagian dari tradisi lisan masyarakat setempat, asal usul nama Kota Pontianak didasarkan pada peristiwa sejarah yang terjadi pada abad ke-18.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr