Ngak Nyangka Banget! Ternyata Ini Asal Usul Nama Trenggalek, Artinya Unik

Ngak Nyangka Banget! Ternyata Ini Asal Usul Nama Trenggalek, Artinya Unik

Trenggalek--

RIVAL.co.id - Kabupaten Trenggalek terletak di Provinsi Jawa Timur dan memiliki asal-usul nama yang menarik. Nama "Trenggalek" konon berasal dari kata "teranging galih" yang diberikan oleh Ki Ageng Sinawang.

Dalam cerita tersebut, ada seorang pemuda bernama Menak Sopal yang memiliki keahlian istimewa. Setiap malam saat tidur, tubuhnya mengeluarkan sinar seperti kunang-kunang.



adv

Baca juga: Ternyata Ini, Asal Usul Nama Kota Palembang, Fakta Menarik dan Sejarah Kota Tertua di Indonesia

Baca juga: Rahasia Makanan Khas Betawi Kerak Telor yang Jarang Diketahui! Ternyata Bahan Ini Gak Boleh Kelewat, Makana Khas Warga Jakarta

Orang tua angkatnya, Ki Ageng Sinawang dan Raden Ayu Saraswati, mempercayai bahwa sinar tersebut adalah tanda bahwa Menak Sopal akan menjadi pria luar biasa.


mg2

Menak Sopal tumbuh menjadi pemuda yang senang menolong orang dan memiliki kemampuan untuk berubah wujud.

Suatu hari, penduduk di sekitar Padepokan Sinawang, tempat tinggal Menak Sopal, mengalami masalah kekurangan air. Mereka sering berebut air di tepi Sungai Bagong, dan Menak Sopal ingin membantu mereka.

Menak Sopal menyelidiki masalah ini dan menemukan bahwa penyebab ambrolnya bendungan adalah sebuah buaya putih besar yang merusak bendungan tersebut.

Buaya tersebut hanya akan berhenti merusak jika ia bisa memakan kepala seekor gajah putih.

Menak Sopal pergi ke Desa Krandon dan meminjam gajah putih milik Mbok Randa.

Baca juga: Viral Tiktok, Momen Terakhir Biksu Tua Berumur 109 Tahun Dibagikan Cucunya

Baca juga: Terletak 245 Km dari Banda Aceh! Asal Usul Nama Meulaboh Begitu Misterius, Simak Fakta Menarik dan Sejarahnya

Mbok Randa setuju, asalkan Padepokan Sinawang bertanggung jawab jika terjadi sesuatu dengan gajah putih tersebut. Gajah putih tersebut kemudian disembelih, dan kepalanya dilemparkan ke Sungai Bagong.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr