Konon Cuma Orang Betawi yang Bisa Bikin Kerak Telor Enak? Begini Rahasia Makanan Khas Jakarta yang Belum Diketahui

Konon Cuma Orang Betawi yang Bisa Bikin Kerak Telor Enak? Begini Rahasia Makanan Khas Jakarta yang Belum Diketahui

telur-edouardo/unplash-

Hasilnya adalah perpaduan yang mempengaruhi penggunaan bahan dan teknik memasak di Betawi.

Jakarta, ibu kota Indonesia yang sibuk dan modern, selalu berg



adv

erak cepat dalam mengadopsi referensi menu baru akibat kemajuan teknologi dan cepatnya informasi. Oleh karena itu, beberapa kuliner tradisional Betawi telah menghilang atau sulit ditemui.

Namun, masih banyak hidangan khas Betawi yang tetap bertahan dan mempertahankan pesonanya meskipun kurang mendapat sorotan yang layak. Berikut adalah beberapa kuliner kebanggaan masyarakat Betawi yang patut dicoba.

Baca juga: Viral Tiktok, Momen Terakhir Biksu Tua Berumur 109 Tahun Dibagikan Cucunya


mg2

Baca juga: Gak Banyak yang Tahu! Sejarah dan Asal-usul Nama Pontianak, Benarkah Datang Dari Legenda Hantu Kuntilanak hingga Hari Tanpa Bayangan

1. Kerak Telor, Omelete Ala Betawi

Kerak telor, juga dikenal sebagai omelete-nya orang Betawi, adalah hidangan khas yang sering dijajakan oleh pedagang pinggir jalan saat ada perayaan di Jakarta. Namun, sejarahnya jauh lebih tua daripada yang kita kira.

Makanan ini pertama kali diciptakan secara tak sengaja oleh sekelompok orang Betawi yang tinggal di Menteng, Jakarta Pusat, pada masa penjajahan Belanda.

Mereka mencoba membuat beragam makanan dengan mencampurkan beberapa bahan, termasuk buah kelapa. Hasil eksperimen tak terduga ini adalah kerak telor yang lezat.

Kelimpahan kelapa di Jakarta pada masa lalu juga turut berperan dalam kelahiran kerak telor. Kawasan Menteng, di masa lalu, dikenal sebagai salah satu daerah dengan kelapa yang melimpah.

Penduduk setempat dengan cerdik memanfaatkan kelapa ini sebagai salah satu bahan utama dalam menciptakan makanan, termasuk kerak telor.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr