Pasti Baru Tahu Kan? Sejarah dan Fakta Menarik Kota Meulaboh Bikin Terkejut, Peninggalan Belanda Masih Ada Sampai Sekarang, Bisa Tebak Apa?

Pasti Baru Tahu Kan? Sejarah dan Fakta Menarik Kota Meulaboh Bikin Terkejut, Peninggalan Belanda Masih Ada Sampai Sekarang, Bisa Tebak Apa?

daerah-sandy-zebua/unplash-

Nama ini mungkin memiliki kaitan dengan tragedi tsunami masa lalu yang mengingatkan kita akan bencana besar yang melanda Meulaboh pada tahun 2004.

Namun, ada juga teori yang mengatakan bahwa nama Meulaboh berasal dari bahasa Minang, di mana orang-orang Minang datang dan berkata, "disikolah kito berlaboh," yang berarti "disitulah kita berlabuh."



adv

Ini mencerminkan lokasi Meulaboh yang berada di dekat laut dan dapat digunakan sebagai tempat berlabuh kapal atau "dilaboh pukat."

Sejarah Meulaboh mencatat bahwa kota ini telah ada sejak masa pemerintahan Sultan Saidil Mukamil (1588-1604) dan diteruskan oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636).

Baca juga: Gak Banyak yang Tahu! Sejarah dan Asal-usul Nama Pontianak, Benarkah Datang Dari Legenda Hantu Kuntilanak hingga Hari Tanpa Bayangan


mg2

Baca juga: Cuma 5 Persen Warga Subang yang Tahu! Asal Muasal Nama Kota Subang Bikin Terkejut, Simak Juga Sejarah dan Julukan Subang Jabar

Di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Meulaboh menjadi pusat perkebunan merica. Meskipun Meulaboh berkembang, kota ini tidak begitu ramai seperti Negeri Singkil, yang lebih terkenal sebagai tujuan kapal dagang untuk mengambil kemenyan dan kapur barus.

Pada periode pendudukan Belanda, Meulaboh menjadi tempat kedudukan asisten residen yang mengawasi wilayah afdeeling pantai barat Aceh.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr