Terletak 245 Km dari Banda Aceh! Asal Usul Nama Meulaboh Begitu Misterius, Simak Fakta Menarik dan Sejarahnya

Terletak 245 Km dari Banda Aceh! Asal Usul Nama Meulaboh Begitu Misterius, Simak Fakta Menarik dan Sejarahnya

daerah-arto-marttinen/unplash-

RIVAL.co.id - Terletak 245 Km dari Banda Aceh! Asal Usul Nama Meulaboh Begitu Misterius, Simak Fakta Menarik dan Sejarahnya. 

Meulaboh, sebuah kota yang terletak di Provinsi Aceh, menyimpan beragam cerita menarik yang mencakup sejarah, bencana alam, dan kehormatan bagi salah satu pahlawan nasional Indonesia.



adv

Kota ini terletak sekitar 245 kilometer dari Kota Banda Aceh dan menjadi pusat kegiatan ekonomi dan budaya di Aceh Barat.

Namun, ketika kita berbicara tentang Meulaboh, salah satu peristiwa yang tak terlupakan adalah bencana tsunami pada tahun 2004 yang merenggut banyak nyawa dan merusak infrastruktur kota ini secara signifikan.

Namun, Meulaboh adalah sebuah kota yang bangkit dari puing-puing bencana dan muncul lebih kuat dari sebelumnya.


mg2

Baca juga: Gak Banyak yang Tahu! Sejarah dan Asal-usul Nama Pontianak, Benarkah Datang Dari Legenda Hantu Kuntilanak hingga Hari Tanpa Bayangan

Baca juga: Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu

Namun, Meulaboh bukan hanya tentang bencana. Ini adalah kota kelahiran salah satu pahlawan nasional Indonesia yang terkenal, yaitu Teuku Umar.

Kiprahnya dalam perlawanan melawan penjajah Belanda menjadikannya salah satu tokoh yang dihormati dalam sejarah Indonesia.

Asal-usul nama Meulaboh memiliki sejumlah teori yang menarik. Dahulu, kota ini dikenal sebagai Pasir Karam.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr