Misteri di Balik Nama Pontianak Benarkah Bermula dari Teror Kuntilanak hingga Garis Khatulistiwa?

Misteri di Balik Nama Pontianak Benarkah Bermula dari Teror Kuntilanak hingga Garis Khatulistiwa?

Misteri di Balik Nama Pontianak Benarkah Bermula dari Teror Kuntilanak hingga Garis Khatulistiwa?-UNPLASH-

RIVAL.co.id - Misteri di Balik Nama Pontianak Benarkah Bermula dari Teror Kuntilanak hingga Garis Khatulistiwa?

Gak Banyak yang Tahu! Sejarah dan Asal-usul Nama Pontianak, Benarkah Datang Dari Legenda Hantu Kuntilanak hingga Hari Tanpa Bayangan



adv

Fenomena yang dikenal sebagai "hari tanpa bayangan" terjadi di kawasan Tugu Khatulistiwa, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, setiap tahun dua kali.

Baca juga: Cuma 5 Persen Warga Subang yang Tahu! Asal Muasal Nama Kota Subang Bikin Terkejut, Simak Juga Sejarah dan Julukan Subang Jabar

Kedua periode ini jatuh pada tanggal 21 hingga 23 Maret dan 21 hingga 23 September. Pada tahun 2021, fenomena hari tanpa bayangan disaksikan secara terbatas dengan cara mendirikan telur-telur secara tegak di kawasan Tugu Khatulistiwa pada tanggal 21 Maret 2021. Yang menarik, telur-telur tersebut dapat berdiri tegak tanpa ada bayangan yang terbentuk.


mg2

Konon, tradisi ini berhubungan dengan kepercayaan bahwa siapa pun yang berada di garis khatulistiwa saat fenomena kulminasi matahari akan mendapatkan keberkahan untuk awet muda.

Namun, karena adanya pandemi COVID-19, peristiwa ini dipantau oleh masyarakat melalui live streaming pada tahun 2021.

Baca juga: Gak Banyak yang Sadar Jika Nama Kota Pasuruan Berasal dari Sini! Simak Beserta Sejarah dan Julukan Kotanya

Baca juga: Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu

Baca juga: Eksplorasi Mendalam! Cek 7 Kuil yang Menawan di Tiongkok, Disertai dengan Informasi Tentang Nama dan Keberadaannya, Pernah Ke Sini?

Tugu Khatulistiwa itu sendiri terletak di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara. Tugu ini pertama kali dibangun pada tahun 1928 oleh seorang ahli astronomi dari Belanda.

Pada tahun 2019, para ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama-sama melakukan penelitian untuk menentukan posisi tepat garis khatulistiwa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa garis khatulistiwa berada tepat di bangunan berbentuk bola dunia yang terletak di kawasan Tugu Khatulistiwa.

Kelanjutan,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr