Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu

Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu

Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu-PEXEL-

Sejarah Bekasi yang kaya mencatatnya sebagai daerah yang memberikan banyak informasi tentang keberadaan Tatar Sunda pada masa lalu. Ini tercermin dalam penemuan empat prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Kebantenan.

Prasasti-prasasti ini adalah keputusan dari Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, Jaya Dewa) yang diukir pada lempeng-lempeng tembaga.



adv

Sejak zaman Kerajaan Tarumanagara pada abad ke-5 Masehi, hingga Kerajaan Galuh pada abad ke-8, dan Kerajaan Pajajaran pada abad ke-14, Bekasi memegang peranan penting sebagai wilayah penghubung menuju Pelabuhan Sunda Kelapa (Jakarta).

Baca juga: Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

Baca juga: INFO Terbaru CPNS BIN 2023, Ada Formasi buat Lulusan SMA/SMK, Cek Gaji dan Persyaratannya!


mg2

Baca juga: Masih Bingung Dimana Letak Nomor Ijazah SMA dan SMK hingga D3 dan S1 buat Daftar CPNS dan PPPK 2023? Gak Usah Panik Ini Dia

Bekasi juga dikenal sebagai "Bumi Patriot," yang menggambarkan bahwa daerah ini dijaga dan dilindungi oleh para pahlawan tanah air.

Mereka berjuang dengan gigih di Bekasi, bahkan sampai titik darah penghabisan, untuk mempertahankan tanah air tercinta dan meraih kemerdekaan dari penjajah.

Semangat patriotisme ini tercermin dalam puisi yang terkenal dari Pujangga Besar Chairil Anwar yang berjudul "Krawang - Bekasi."

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr