Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu

Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu

Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu-PEXEL-

RIVAL.co.id - Ngulik Asal-usul Nama Bekasi, Benarkah Bermula dari Kata Baghasasi dalam Prasasti Tugu

Kota Bekasi, yang sering dikenal dengan julukan "kota patriot," merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Barat. Nama "Bekasi" memiliki arti dan sejarah yang khas.



adv

Terletak dalam Metropolitan Jabodetabek, kota ini merupakan salah satu kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Kini, Bekasi telah berkembang menjadi tempat tinggal bagi komunitas urban dan juga menjadi pusat industri.

Baca juga: Cuma 5 Persen Warga Subang yang Tahu! Asal Muasal Nama Kota Subang Bikin Terkejut, Simak Juga Sejarah dan Julukan Subang Jabar


mg2

Baca juga: Gak Nyangka! Daftar 10 Instansi CPNS yang Sepi Peminat, Lihat Aja! Peluang Lolos Lebih Besar?

Baca juga: Inilah Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Link dan Petunjuk Download The Final Pin - Game Horor Hadirkan Suasana Seram!

Secara filosofis, asal usul nama "Bekasi" berasal dari kata "baghasasi" dan "candrabagha," yang tercatat dalam Prasasti Tugu pada zaman Kerajaan Tarumanegara. Nama ini merujuk pada sungai yang mengalir di kota ini.

Menurut penjelasan Poerbatjaraka, seorang ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno, "Chandra" berarti "bulan" (dalam bahasa Jawa Kuno, sama dengan kata "Sasi"), dan "Bhaga" berarti "bagian."

Dengan demikian, secara etimologis, "Chandrabhaga" berarti "bagian dari bulan." Nama ini kemudian berubah menjadi "Bhagasasi," yang pelafalannya sering disingkat menjadi "Bhagasi."

Dalam bahasa Belanda, kata "Bhagasi" sering ditulis sebagai "Bacassie," yang kemudian berubah menjadi "Bekasi," sebagaimana yang kita kenal saat ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr