Banyak yang Belum Tahu Fakta Menarik Kota Tegal, Miliki Asal Usul Nama Unik Dibuat Oleh Penjajah Asal Portugis

Banyak yang Belum Tahu Fakta Menarik Kota Tegal, Miliki Asal Usul Nama Unik Dibuat Oleh Penjajah Asal Portugis

daerah-irhan-prabusara/unplash-

1. Asal-usul Nama Tegal

Asal-usul nama "Tegal" memiliki beberapa versi. Salah satunya berasal dari kata "Tetegal," yang merujuk pada tanah yang subur dan dapat menghasilkan tanaman pertanian.



adv

Ada juga yang mengklaim bahwa nama Tegal berasal dari pemberian oleh Tome Pires, seorang pedagang Portugis yang singgah pada abad ke-16 dan menyebut pelabuhan ini sebagai "Teteguall."

Namun, sejarah asal-usul Tegal juga terkait dengan sosok Ki Gede Sebayu, yang merupakan keturunan dinasti Majapahit.

2. Luas Wilayah dan Batas Geografis


mg2

Kabupaten Tegal memiliki luas wilayah sekitar 878,79 kilometer persegi. Wilayah administratifnya terbagi menjadi 18 kecamatan, 281 desa, dan 6 kelurahan.

Kabupaten Tegal berbatasan dengan beberapa wilayah, yaitu Kota Tegal dan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Pemalang di sebelah timur, Kabupaten Brebes di sebelah barat, dan Kabupaten Brebes serta Kabupaten Banyumas di sebelah selatan.

Baca juga: Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

Baca juga: Spoiler Drama Korea Arthdal Chronicles: The Sword of Aramun Episode 5 Sub Indo – Berikut Link Nonton, Bocoran Sinopsis Terbaru & Jadwal Tayang

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr