Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

daerah-naufal-urfi/unplash-

Di bawah kepemimpinan Tumenggung Djojonegoro, Banger berkembang pesat dan menjadi lebih makmur. Masyarakat memberinya gelar "Kanjeng Djimat" karena kebijakannya yang baik.

Nama Probolinggo sendiri muncul pada sekitar tahun 1770 ketika Tumenggung Djojonegoro mengubah nama Banger menjadi "Probolinggo." "Probo" berarti sinar, sedangkan "Linggo" berarti tugu, badan, tanda peringatan, atau tongkat.



adv

Oleh karena itu, "Probolinggo" dapat diartikan sebagai sinar yang berbentuk tugu, gada, atau tongkat. Nama ini kemungkinan merujuk pada penggambaran meteor atau bintang jatuh.

Baca juga: Nonton Drama Bertema Pahlawan Ohsama Sentai King-Ohger Episode 30 SUB Indo, Link Streaming, Info Jadwal Penayangan Siap Tersedia di Sini!

Baca juga: Fantastis! Total Gaji dan Tunjangan PNS 2024 Jika Gunakan Single Salary Bisa Tembus Rp 12 Juta, Cek Detailnya Disini


mg2

Sejarah Probolinggo yang panjang ini memberikan wawasan yang menarik tentang asal-usul kota ini dan bagaimana namanya berubah dari Banger menjadi Probolinggo.

Dengan warisan sejarah yang kaya, Probolinggo tetap menjadi bagian penting dari Jawa Timur yang modern.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr