Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

daerah-naufal-urfi/unplash-

Di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit, Banger berkembang menjadi Pakuwon. Namun, selama pemerintahan Bre Wirabumi, Raja Blambangan, Banger jatuh ke tangan mereka.

Bahkan, Banger menjadi tempat perang saudara antara Bre Wirabumi (Blambangan) dan Prabu Wikramawardhana (Majapahit), yang dikenal sebagai "Perang Paregreg."



adv

Pada tahun 1743, seluruh wilayah timur Pasuruan, termasuk Banger, jatuh ke tangan VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie atau Perusahaan Hindia Timur Bersatu).

Kyai Djojolelono diangkat sebagai Bupati Pertama di Banger pada tahun 1746 oleh VOC. Namun, politik adu domba VOC membuat Kyai Djojolelono memilih untuk meninggalkan jabatannya dan mengembara.

Baca juga: Nonton Drama Bertema Pahlawan Ohsama Sentai King-Ohger Episode 30 SUB Indo, Link Streaming, Info Jadwal Penayangan Siap Tersedia di Sini!


mg2

Baca juga: Siapa Istri Lettu Anggi Adi Prayoga? Profil Oknum TNI Muda yang Lakukan Kekerasan Seksual Menyimpang Pada Junior

Radit Tumenggung Djojonegoro kemudian diangkat sebagai Bupati Banger yang kedua.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr