Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

daerah-naufal-urfi/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Usul Nama Probolinggo Berasal dari Bahasa Belanda? Simak Sejarah dan Fakta Menarik Probolinggo yang Pasti Bikin Terkejut

Probolinggo, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, memiliki sejarah yang panjang dan menarik.



adv

Kota ini terletak sekitar 100 kilometer di sebelah tenggara Kota Surabaya dan memiliki posisi strategis sebagai jalur utama yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali melalui pantai utara.

Batas-batas Kota Probolinggo juga menarik untuk diketahui.

Kota ini berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, Kecamatan Dringu (Kabupaten Probolinggo) di sebelah timur, Kecamatan Leces, Wonomerto, Bantaran, dan Sumberasih (Kabupaten Probolinggo) di sebelah selatan, serta Kecamatan Sumberasih (Kabupaten Probolinggo) di sebelah barat.

Sejarah Probolinggo 


mg2

Sejarah Probolinggo memiliki akar yang kuat, dan kisahnya dimulai pada zaman pemerintahan Prabu Radjasanagara atau Sri Nata Hayam Wuruk, seorang raja Majapahir ke-IV (1350-1389).

Pada saat itu, Probolinggo dikenal dengan nama "Banger," yang juga merupakan nama sungai yang mengalir di daerah ini.

Banger juga merupakan pedukuhan kecil yang berada di bawah pemerintahan Akuwu di Sukodono. Nama Banger dikenal dari buku Negarakertagama yang ditulis oleh Prapanca, seorang pujangga terkenal di Kerajaan Majapahit.

Baca juga: Polres Pandeglang Berhasil Ungkap Kasus Peredaran Minuman Keras di Cikeusik

Baca juga: Makin Ketat! Siap-siap Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Bakal Kena Denda Mulai dari Uang hingga Dilarang Beroperasi?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr