Dijuluki Sebagai Kota Pendekar, Bikin Kaget Ternyata Ini Alasan dan Fakta Menarik Kota Madiun

Dijuluki Sebagai Kota Pendekar, Bikin Kaget Ternyata Ini Alasan dan Fakta Menarik Kota Madiun

Madiun--

RIVAL.co.id - Kota Madiun, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, dikenal memiliki berbagai julukan yang melekat padanya.

Beberapa julukan tersebut antara lain adalah Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pecel, Kota Budaya, Kota Industri, dan Kota Karismatik. Salah satu julukan yang menonjol adalah Kota Pendekar.



adv

Sebutan Kota Pendekar sebenarnya merupakan singkatan dari Pintar, Melayani, Membangun, Peduli, Terbuka, dan Karismatik, yang merupakan misi dan visi dari Wali Kota Madiun, Pak Maidi.

Baca juga: Ngak Setia Kawan? Pelajar Tanpa Helm Masuk Bus Demi Hindari Polisi, Temanya Kena Tilang Polisi

Baca juga: Profil Lengkap Ziva Magnolya, Termasuk Biodata dan Medsosnya, Penyanyi yang Dikabarkan Dekat dengan Rey Bong


mg2

Hal ini diungkapkan oleh Wali Kota Maidi dalam kegiatan Musrenbang RPJMD Kota Madiun tahun 2019-2024 yang berlangsung di Bima Ballroom Hotel Aston Madiun pada tanggal 16 Agustus 2019.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa julukan Kota Pendekar tidak lepas dari banyaknya perguruan silat yang tumbuh di Kota Madiun dan Kabupaten Madiun. Sedangkan Kabupaten Madiun memiliki julukan "Kampung Pesilat."

Salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia, yaitu Perguruan IKSPI Kera Sakti, berlokasi di Madiun. Kota Madiun memiliki 14 perguruan pencak silat, antara lain Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) Tunas Muda, Perguruan Merpati Putih, Tapak Suci, Perguruan Setia Hati Terate (PSHT), IKS Pro Patria, Persinas Asad, Pagar Nusa, Ki Ageng Pandan Alas, IKSPI Kera Sakti, OCC Pangastuti, SH Tuhu Tekad, Persaudaraan Rasa Tunggal, Cempaka Putih, dan Persati.

Baca juga: Mall di Kendal yang Paling Besar, Ramai dan Tertua dengan Dikelilingi Lingkungan Pantai dan Pegunungan yang indah

Baca juga: Berasa Kaya Film! Begini Cerita Asal Mula Banjarnegara yang Terkenal dengan Dawet Ayu, Wong Kene Ngerti Ora?

Pencak silat bukan hanya memiliki penggemar di Indonesia, beberapa perguruan pencak silat tersebut juga memiliki murid atau pengikut yang tersebar di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari upaya branding kota, logo Kota Pendekar telah diluncurkan di Edupark Ngrowo Bening pada tanggal 30 April 2021.

Menurut Wali Kota Maidi, selain seni bela diri dan olahraga, pencak silat juga merupakan bagian dari kekayaan budaya yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daya tarik pariwisata.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr