Berasa Kaya Film! Begini Cerita Asal Mula Banjarnegara yang Terkenal dengan Dawet Ayu, Wong Kene Ngerti Ora?

Berasa Kaya Film! Begini Cerita Asal Mula Banjarnegara yang Terkenal dengan Dawet Ayu, Wong Kene Ngerti Ora?

Berasa Kaya Film! Begini Cerita Asal Mula Banjarnegara yang Terkenal dengan Dawet Ayu, Wong Kene Ngerti Ora?-PEXEL-

Pembagian wilayah Wirasaba menjadi empat bagian ini terjadi pada tanggal 26 Februari 1571, dan tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara.

Kota Banjarnegara juga dikenal dengan julukan "Kota Dawet Ayu," yang terkait dengan minuman khas daerah tersebut. Dawet Ayu atau es dawet ayu adalah minuman yang sangat populer di Banjarnegara.



adv

Minuman ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat di Banjarnegara, seperti kios, pinggir jalan, atau pasar-pasar. Dawet Ayu Banjarnegara sudah terkenal akan citarasanya sejak awal abad ke-20 Masehi.

Saat itu, minuman ini masih dikenal sebagai dawet atau es dawet. Namun, generasi ketiga dari penjual dawet ini dikenal dengan kecantikannya, sehingga minuman ini diberi nama "Dawet Ayu."

Dawet Ayu Banjarnegara semakin populer setelah seorang seniman asal kota tersebut menciptakan lagu berjudul "Dawet Ayu Banjarnegara." Pada tahun 1980-an, lagu ini kembali populer melalui penampilan grup seni calung dan lawak Banyumas, Peang Penjol.***


mg2

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr