Berasa Kaya Film! Begini Cerita Asal Mula Banjarnegara yang Terkenal dengan Dawet Ayu, Wong Kene Ngerti Ora?

Berasa Kaya Film! Begini Cerita Asal Mula Banjarnegara yang Terkenal dengan Dawet Ayu, Wong Kene Ngerti Ora?

Berasa Kaya Film! Begini Cerita Asal Mula Banjarnegara yang Terkenal dengan Dawet Ayu, Wong Kene Ngerti Ora?-PEXEL-

Sejarah dan Asal-usul Kabupaten Banjarnegara

Sejarah dan Asal-usul Kabupaten Banjarnegara memiliki akar yang panjang dan menarik. Pembentukan Kabupaten Banjarnegara sebagai entitas administratif dimulai pada tanggal 26 Februari 1571.

Pada tanggal tersebut, terjadi pembagian wilayah Wirasaba menjadi empat bagian oleh Joko Kaiman. Pada saat itu, wilayah Wirasaba diperintah oleh Adipati Wirasaba VI, yang hidup pada masa yang sama dengan Kesultanan Pajang.



adv

Sebuah perselisihan terjadi antara Adipati Wirasaba dan Sultan Hadiwijaya dari Pajang, yang akhirnya berujung pada kematian Adipati Wirasaba. Setelah insiden tersebut, Sultan Hadiwijaya menyadari kesalahannya dan memanggil ahli waris Adipati Wirasaba.

Baca juga: Contoh Lembar LK 1.3 Penentuan Penyebab Masalah Tahun 2023, Beserta Link Unduh Format PDF Gratis

Baca juga: Sudah Tahu Belum? Asal Usul Nama Bandung Ternyata Sarat Dengan Kejutan dan Fata Menarik, Simak Sejarahnya


mg2

Baca juga: Ternyata Ini Asal-Usul Nama Tangerang, Kupas Tuntas Fakta Menarik dan Sejarah Penamaan Daerah Berjuluk Kota Benteng!

Awalnya, anak-anak dari mendiang Adipati Wirasaba takut untuk datang karena takut dieksekusi. Namun, salah satu menantu Adipati, yang bernama Raden Joko Kaiman, memutuskan untuk pergi ke Pajang.

Begitu tiba di Pajang, Joko Kaiman justru diangkat sebagai penguasa baru wilayah Wirasaba dengan gelar Adipati Warga Utama II atau Adipati Wirasaba ke-7.

Pada kesempatan tersebut, Joko Kaiman mengusulkan pembagian wilayah Wirasaba yang luas menjadi empat bagian, dan usul tersebut diterima.

Wilayah Wirasaba pun dibagi menjadi empat bagian, salah satunya adalah Banjar Pertambakan, yang kemudian dikenal sebagai Kabupaten Banjarnegara.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr