Terkenal Legenda Putri Tujuh Warna, Asal Usul Nama Kota Dumai Provinsi Riau Bikin Merinding! Bukan Mistis Tapi Menakjubkan Ini Sejarahnya

Terkenal Legenda Putri Tujuh Warna, Asal Usul Nama Kota Dumai Provinsi Riau Bikin Merinding! Bukan Mistis Tapi Menakjubkan Ini Sejarahnya

Ilustrasi-kasia/unplash-

Ratu Cik Sima memiliki tujuh orang putri yang tak kalah cantiknya. Di antara ketujuh putrinya, Mayang Sari, sang bungsu, dianggap sebagai yang tercantik.

Ia memiliki paras yang elok seperti bulan purnama, bibir merah merona bagai buah delima, tubuh yang memesona, dan kulit lembut seperti sutera.



adv

Suatu hari, ketujuh putri ini mandi di lubuk Sarang Umai sambil bersenang-senang. Tanpa mereka sadari, beberapa pasang mata yang memperhatikan mereka dari kejauhan. Mata-mata tersebut milik Pangeran Empang Kuala dan pengawalnya.

Baca juga: Jadi CPNS di Kejaksaan Agung? Apa Saja Tugas Klerek hingga Penanganan Perkara? Benarkah Punya Gaji Menggiurkan!

Baca juga: Contoh Lembar LK 1.3 Penentuan Penyebab Masalah Tahun 2023, Beserta Link Unduh Format PDF Gratis


mg2

Pangeran ini terpesona oleh kecantikan Mayang Sari. Tanpa bisa menahan diri, ia spontan bergumam, "Gadis cantik di lubuk Umai... cantik di Umai... d'umai.." Dari sini, konon nama "Dumai" berasal.

Legenda Putri Tujuh mungkin dianggap oleh beberapa kalangan sebagai sekadar cerita rakyat. Namun, ada juga yang meyakini bahwa peristiwa tersebut benar-benar terjadi.

Beberapa bukti seperti Kelurahan Ratu Sima, yang berasal dari nama Ratu Cik Sima, dan Makam Putri Tujuh di area kilang Pertamina UP II Dumai, menjadi indikasi yang menunjukkan bahwa legenda ini memiliki akar sejarah yang dalam di kota ini.

Sehingga, Dumai bukan hanya sekadar nama di peta, tetapi juga sebuah tempat yang memadukan sejarah, budaya, dan kearifan lokal yang kaya.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr