Jawara Banget! Pasukan Tiongkok Jadi Asal-usul Kota Singkawang Ada hingga Saat Ini, Terdampar Bak Putri Duyung

Jawara Banget! Pasukan Tiongkok Jadi Asal-usul Kota Singkawang Ada hingga Saat Ini, Terdampar Bak Putri Duyung

Jawara Banget! Pasukan Tiongkok Jadi Asal-usul Kota Singkawang Ada hingga Saat Ini, Terdampar Bak Putri Duyung-PEXEL-

Pada tahun 1938, pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan nomor 352, yang mencatat bahwa Borneo (Kalimantan) adalah wilayah administratif dengan Banjarmasin sebagai ibu kota.

Administratif, Borneo dibagi menjadi dua karesidenan. Borneo bagian Selatan dan Timur. Singkawang saat itu menjadi kawedanan bersama dengan Pemangkat dan Bengkayang.



adv

Singkawang juga dikenal sebagai desa dalam wilayah Kesultanan Sambas dan menjadi tempat singgah bagi pedagang dan penambang emas dari Monterado, terutama yang berasal dari Tiongkok.

Selain berfungsi sebagai tempat singgah, Singkawang juga berperan sebagai tempat transit untuk mengangkut hasil tambang emas.

Seiring dengan perkembangan strategis Singkawang, beberapa penambang memilih beralih profesi menjadi petani dan pedagang serta menetap di daerah tersebut.


mg2

Pada tahun 1959, Singkawang menjadi kecamatan di bawah Kabupaten Sambas. Kemudian, pada tahun 1981, statusnya meningkat menjadi Kota Administratif Singkawang, sementara ibu kota Sambas juga berkedudukan di Kota Singkawang.

Akhirnya, setelah melalui perjalanan panjang, Singkawang diresmikan sebagai daerah otonom berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Singkawang.

Peresmian Kota Singkawang dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2001 di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah atas nama Presiden Republik Indonesia.***

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr