Jawara Banget! Pasukan Tiongkok Jadi Asal-usul Kota Singkawang Ada hingga Saat Ini, Terdampar Bak Putri Duyung

Jawara Banget! Pasukan Tiongkok Jadi Asal-usul Kota Singkawang Ada hingga Saat Ini, Terdampar Bak Putri Duyung

Jawara Banget! Pasukan Tiongkok Jadi Asal-usul Kota Singkawang Ada hingga Saat Ini, Terdampar Bak Putri Duyung-PEXEL-

RIVAL.co.id - Jawara Banget! Pasukan Tiongkok Jadi Asal-usul Kota Singkawang Ada hingga Saat Ini, Terdampar Bak Putri Duyung

Ketika kita mendengar nama Kota Singkawang di Kalimantan Barat, terkadang terasa seperti kita berada di Tiongkok karena sejarah kota ini sangat erat kaitannya dengan kehadiran komunitas Tionghoa di masa lalu.



adv

Dalam buku yang berjudul "Asal Usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe" yang ditulis oleh Zaenuddin HM, diceritakan bahwa pada sekitar tahun 1923, pasukan Tiongkok meninggalkan Pulau Jawa.

Namun, dalam perjalanan mereka menuju pulau lain, kapal mereka diserang oleh badai, yang kemudian memaksa mereka untuk berlabuh di pantai barat Pulau Kalimantan guna memperbaiki kapal yang rusak.

Ketika kapal akhirnya siap untuk melanjutkan perjalanan, tujuh perwira Tiongkok tidak dapat bergabung dengan kapal tersebut.


mg2

Baca juga: Loh Banyak yang Ngira Kisah Legenda! Asal Usul Nama Jombang Ternyata Berasal dari Nama Pendekar? Simak Sejarah dan Julukan Daerahnya

Baca juga: Sudah Tahu Belum? Asal Usul Nama Bandung Ternyata Sarat Dengan Kejutan dan Fata Menarik, Simak Sejarahnya

Baca juga: Bikin Merinding! Asal Usul Nama Kota Pontianak Berasal dari Nama Kuntilanak, Kisah Misteri Warga Kalimantan Barat - Simak Sejarah hingga Julukan Kota

Mereka memutuskan untuk menetap di daerah tersebut dan akhirnya menikahi wanita-wanita setempat, yang kemudian melahirkan keturunan mereka.

Menurut keyakinan orang-orang Tionghoa suku Hakka yang tinggal di daerah ini, nama "Singkawang" berasal dari kata "San Kew Jong," yang dapat diterjemahkan sebagai kota yang terletak di antara laut, muara, gunung, dan sungai.

Nama tersebut nampaknya sangat tepat, mengingat bahwa sebelah barat Kota Singkawang berbatasan dengan Laut Natuna, sementara sebelah timurnya dibatasi oleh Gunung Roban, Pasi, Raya, dan Gunung Poteng. Di tengah kota, sungai mengalir dan bermuara ke Laut Natuna.

Kelanjutan,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr