Asal Muasal Nama Jombang yang Belum Diketahui! Awal Mula Pertarungan Sengit Kebo Kicak dan Serontanu, Begini Sejarah dan Fakta Menarik Jombang

Asal Muasal Nama Jombang yang Belum Diketahui! Awal Mula Pertarungan Sengit Kebo Kicak dan Serontanu, Begini Sejarah dan Fakta Menarik Jombang

Ilustrasi-dikasave/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Muasal Nama Jombang yang Belum Diketahui! Awal Mula Pertarungan Sengit Kebo Kicak dan Serontanu, Begini Sejarah dan Fakta Menarik Jombang. 

Loh Banyak yang Ngira Kisah Legenda! Asal Usul Nama Kabupaten Jombang Ternyata Berasal dari Nama Pendekar? Simak Sejarah dan Julukan Daerahnya. 



adv

Kabupaten Jombang, terletak di tengah Provinsi Jawa Timur, adalah salah satu kabupaten muda di wilayah ini yang resmi berdiri pada tahun 1910.

Sebelumnya, Jombang merupakan bagian dari Kabupaten Mojokerto, namun pada tanggal 21 Oktober 1910, Jombang akhirnya memisahkan diri menjadi kabupaten yang mandiri.

Jombang memiliki sejarah yang kaya, dan salah satu julukan yang melekat erat adalah "Kota Santri."


mg2

Hal ini disebabkan oleh keberadaan banyak pondok pesantren di wilayah ini, yang menjadikan Jombang sebagai pusat pendidikan Islam yang penting. Ribuan santri dari berbagai penjuru Indonesia datang ke Jombang untuk menuntut ilmu agama di sini.

Baca juga: Loh Banyak yang Ngira Kisah Legenda! Asal Usul Nama Jombang Ternyata Berasal dari Nama Pendekar? Simak Sejarah dan Julukan Daerahnya

Baca juga: Jadi CPNS di Kejaksaan Agung? Apa Saja Tugas Klerek hingga Penanganan Perkara? Benarkah Punya Gaji Menggiurkan!

Beberapa pondok pesantren yang terkenal di Jombang antara lain adalah Pondok Pesantren Tebuireng, Pondok Pesantren Tambakberas, Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, dan Pondok Pesantren Denanyar.

Para santri di sini belajar agama Islam, ilmu pengetahuan umum, dan juga memahami nilai-nilai moral yang tinggi.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr