Penasaran Abis! Kenapa Perusahaan China Tergila-gila dengan Pulau Rempang? Apakah Ada Sesuatu yang Tersembunyi?

Penasaran Abis! Kenapa Perusahaan China Tergila-gila dengan Pulau Rempang? Apakah Ada Sesuatu yang Tersembunyi?

Penasaran Abis! Kenapa Perusahaan China Tergila-gila dengan Pulau Rempang? Apakah Ada Sesuatu yang Tersembunyi?-miki-czhar/pexels-

Ady mengungkapkan bahwa pendirian pabrik kaca di Pulau Rempang, Batam, akan berdampak positif dengan penyerapan tenaga kerja lokal yang signifikan.

Selain itu, harga pasir kuarsa dari daerah tersebut diharapkan akan meningkat, mengingat pasir kuarsa adalah bahan baku utama dalam pembuatan kaca.



adv

Pasir kuarsa, menurut Ady, telah ada di daerah tersebut selama beberapa puluh tahun.

Namun, baru mulai ditambang dan diekspor pada tahun 2020. Saat ini, terdapat setidaknya 2 juta ton pasir kuarsa di Kepri yang diekspor ke China.

Dengan hadirnya pabrik kaca di Rempang Eco City, daerah yang menghasilkan pasir kuarsa ini diharapkan akan mendapatkan manfaat yang signifikan.


mg2

Menurut Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah, pendapatan dari tambang mineral non-logam adalah kewenangan daerah.

"Kebutuhan pasir kuarsa ini masuk dalam kategori mineral bukan logam. Jadi semua pajaknya masuk ke daerah. Seharusnya ini kabar gembira untuk daerah, dengan pengelolaan pasir kuarsa yang biasanya hanya bisa digunakan untuk pasir bangunan, kini untuk produksi kaca dan bisa menjadi sumber PAD di daerah,"kata Ady.

Kelanjutan,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr