Sudah Tahu Belum? Asal Usul Nama Bandung Ternyata Sarat Dengan Kejutan dan Fata Menarik, Simak Sejarahnya

Sudah Tahu Belum? Asal Usul Nama Bandung Ternyata Sarat Dengan Kejutan dan Fata Menarik, Simak Sejarahnya

Bandung--

RIVAl.co.id - Ternyata ini fakta menarik penamaan wilayah Bandung. Sudah Tahu Belum? Asal Usul Nama Bandung Ternyata Sarat Dengan Kejutan dan Fata Menarik, Simak Sejarahnya

Bandung adalah Ibu Kota Jawa Barat yang terkenal dengan berbagai tempat wisata menarik. Banyaknya tempat wisata ini menjadikan Bandung tujuan liburan bagi masyarakat dari berbagai daerah.



adv

Baca juga: Ternyata Ini Asal-Usul Nama Tangerang, Kupas Tuntas Fakta Menarik dan Sejarah Penamaan Daerah Berjuluk Kota Benteng!

Baca juga: Cara Penukaran Tiket SMTOWN SMCU Palace Jakarta 23 September 2023, Simak Jadwal Tukar Tiket Lengkap Beserta Ketentuan Khusus

Meskipun Bandung populer di kalangan wisatawan, belum banyak yang tahu mengenai asal usul nama Bandung. Banyak yang hanya mengetahui julukan Bandung sebagai "Paris van Java" atau "Kota Kembang."


mg2

Sebenarnya, terdapat beberapa versi mengenai sejarah asal usul nama Bandung, baik yang berdasarkan fakta sejarah maupun cerita rakyat.

Baca juga: Lokasi The Girls Fest (2023) Road to Surabaya Ada Dimana? Simak Lokasi Mall dan Lantai hingga Rundown Acara Lengkap Girl Fest 2023

Baca juga: Darimana Nama Jatinegara? Simak Asal Usul, Sejarah dan Julukan Kota di Jakarta Timur Ini yang Jarang Diketahui

Sejarah Nama Bandung:

Salah satu versi menyatakan bahwa nama "Bandung" berasal dari kata "bendung" atau "bendungan." Pada zaman dahulu, Sungai Citarum dapat terbendung karena adanya aliran lava dari Gunung Tangkuban Perahu.

Akibatnya, kawasan Padalarang hingga Cicalengka dan sekitarnya, antara Gunung Tangkuban Perahu hingga Soreang, tergenang air.

Dari peristiwa ini, terbentuklah sebuah danau besar yang dinamakan Danau Bandung atau Danau Purba oleh penduduk setempat.

Lama kelamaan, danau tersebut mengering, dan wilayah inilah yang kemudian menjadi cikal bakal wilayah Bandung.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr