Ternyata Ini Asal-Usul Nama Tangerang, Kupas Tuntas Fakta Menarik dan Sejarah Penamaan Daerah Berjuluk Kota Benteng!

Ternyata Ini Asal-Usul Nama Tangerang, Kupas Tuntas Fakta Menarik dan Sejarah Penamaan Daerah Berjuluk Kota Benteng!

Tangerang--

RIVAL.co.id - Tangerang adalah kota yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara, DKI Jakarta, dan terletak persis di sebelah barat Jakarta.

Kota Tangerang memiliki sejarah panjang yang menarik untuk dijelajahi, salah satunya terkait dengan asal-usul nama Kota Tangerang itu sendiri.



adv

Baca juga: PEMBAHASAN Lengkap LK 1.1 Identifikasi Masalah PPG Daljab 2023 Beserta Jawabannya, Cek Langsung File Word dan PDF

Baca juga: Cara Penukaran Tiket SMTOWN SMCU Palace Jakarta 23 September 2023, Simak Jadwal Tukar Tiket Lengkap Beserta Ketentuan Khusus

Kota Tangerang awalnya dapat dianggap sebagai kota yang relatif kecil, terutama setelah terjadinya pemekaran wilayah Tangerang Raya pada tahun 1993.


mg2

Pada tahun tersebut, Tangerang secara resmi memisahkan diri dari Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Saat ini, ketiga wilayah dengan nama Tangerang tersebut termasuk dalam Provinsi Banten, yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat.

Menurut buku berjudul "Melacak Asal Muasal Kampung di Kota Tangerang" yang ditulis oleh Burhanudin (2018), nama Tangerang berasal dari kata "tangger" yang dalam bahasa Sunda memiliki arti "tanda".

Kata "tangger" tersebut digunakan sebagai tanda batas kekuasaan antara kerajaan Banten abad ke-17 dan pemerintahan Hindia Belanda.

Baca juga: Bikin Merinding! Asal Usul Nama Kota Pontianak Berasal dari Nama Kuntilanak, Kisah Misteri Warga Kalimantan Barat - Simak Sejarah hingga Julukan Kota

Baca juga: Kemenperin Lepas Ekspor Minyak Jelantah Tertelusur BasisAI, Bahan Baku Utama Green Fuel

Ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa Tangerang berasal dari kata "Tanggeran," yang mengacu pada daerah atau tanda yang terletak di bagian barat Sungai Cisadane.

Kata kedua yang berkontribusi pada asal-usul nama Tangerang adalah "perang," yang merujuk pada sejarah perbatasan antara kesultanan Banten dan Pemerintah VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) yang sering menjadi medan pertempuran.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr