Asal Usul Nama Kota Pontianak Kalbar yang Belum Diketahui! Nama Pohon hingga Kisah Kuntilanak Paling Melegenda di Kalimantan Barat

Asal Usul Nama Kota Pontianak Kalbar yang Belum Diketahui! Nama Pohon hingga Kisah Kuntilanak Paling Melegenda di Kalimantan Barat

daerah-rizky s/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Usul Nama Kota Pontianak Kalbar yang Belum Diketahui! Nama Pohon hingga Kisah Kuntilanak Paling Melegenda di Kalimantan Barat. 

Bikin Cemas! Asal Usul Nama Kota Pontianak Berasal dari Nama Kuntilanak, Kisah Misteri Warga Kalimantan Barat - Simak Sejarah hingga Julukan Kota. 



adv

Bagi warga Pontianak, tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai cerita mengenai asal usul nama kota ini.

Salah satu cerita yang paling terkenal dan sering didengar adalah mengenai kisah kuntilanak yang mengganggu Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie dan Pohon Punti.

Namun, benarkah cerita tersebut menjadi latar belakang sejarah berdirinya Kota Pontianak?


mg2

Sejarah berdirinya Kota Pontianak dapat ditelusuri hingga tanggal 24 Rajab 1181 Hijriyah atau 23 Oktober 1771 Masehi.

Pada tanggal tersebut, rombongan Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie membuka hutan di persimpangan tiga sungai.

Baca juga: Bikin Merinding! Asal Usul Nama Kota Pontianak Berasal dari Nama Kuntilanak, Kisah Misteri Warga Kalimantan Barat - Simak Sejarah hingga Julukan Kota

Baca juga: Darimana Nama Jatinegara? Simak Asal Usul, Sejarah dan Julukan Kota di Jakarta Timur Ini yang Jarang Diketahui

Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas, untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal.Wilayah ini diberi nama Pontianak.

Dibawah kepemimpinan Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie, Kota Pontianak berkembang menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan yang penting.

Pada tahun 1192 Hijriyah, Syarif Abdurrahman Alkadrie dinobatkan sebagai Sultan Pontianak pertama.

Pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Mesjid Raya Sultan Abdurrahman Alkadrie dan Istana Kadariah, yang kini terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr