Bocoran Rahasia! Asal-usul Nama Samarinda, Ada Hubungannya Sama Rendah? Kok Nyentrik? Begini Cerita dan Sejarahnya

Bocoran Rahasia! Asal-usul Nama Samarinda, Ada Hubungannya Sama Rendah? Kok Nyentrik? Begini Cerita dan Sejarahnya

Bocoran Rahasia! Asal-usul Nama Samarinda, Ada Hubungannya Sama Rendah? Kok Nyentrik? Begini Cerita dan Sejarahnya-UNPLASH-

RIVAL.co.id - Bocoran Rahasia! Asal-usul Nama Samarinda, Ada Hubungannya Sama Rendah? Kok Nyentrik? Begini Cerita dan Sejarahnya

Kota Samarinda, yang juga merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, memiliki kisah panjang yang berakar sejak zaman Kerajaan Kutai Kartanegara.



adv

Wilayah ini, yang telah ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN), memiliki sejarah yang kaya dan beragam.

Luas wilayah Kota Samarinda mencapai 718 kilometer persegi dan diberkahi oleh Sungai Mahakam, sungai terbesar kedua di Pulau Kalimantan, yang melintasi kota ini.

Sungai Mahakam menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan dan sejarah Samarinda, mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan wilayah ini.


mg2

Baca juga: Cekidot! Gak Nyangka Ternyata Begini Asal Usul Nama Bogor yang Berhubungan dengan Rombongan Kompeni Belanda

Baca juga: Bikin Bulu Kuduk Merinding! Asal Usul Nama Kabupaten Gresik Beserta Sejarahnya Ternyata Penuh Misteri, Hayo Warga Jatim Tahu Gak Nih?

Baca juga: TRAGIS, Penyebab Kecelakaan Truk di Ogan Ilir Sebabkan Korban Tewas Ditempat! Kepala Mobil Hancur Tak Berbentuk

Menurut hasil Sensus Penduduk 2020, jumlah penduduk Kota Samarinda mencapai 827.994 jiwa. Angka ini mencerminkan keberagaman masyarakat yang mendiami kota ini dan menunjukkan peran penting Kota Samarinda dalam dinamika sosial dan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur.

Simak pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr