Cekidot! Gak Nyangka Ternyata Begini Asal Usul Nama Bogor yang Berhubungan dengan Rombongan Kompeni Belanda

Cekidot! Gak Nyangka Ternyata Begini Asal Usul Nama Bogor yang Berhubungan dengan Rombongan Kompeni Belanda

Cekidot! Gak Nyangka Ternyata Begini Asal Usul Nama Bogor yang Berhubungan dengan Rpombongan Kompeni Belanda-UNPLASH-

RIVAL.co.id - Cekidot! Gak Nyangka Ternyata Begini Asal Usul Nama Bogor yang Berhubungan dengan Rombongan Kompeni Belanda.

Kata Bogor dalam bahasa Sunda memiliki arti tunggal pohon aren atau kawung yang hangus.



adv

Nama ini memiliki latar belakang sejarah yang terkait dengan peristiwa yang dialami oleh rombongan kumpeni Belanda pada tahun 1689 ketika berada di pusat kekuasaan Pajajaran.

Lalu bagaimana asal usul nama Bogor dan peristiwa sejarahnya?

Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Camphuys, yang berlangsung dari tahun 1684 hingga 1691, terjadi perhatian yang besar terhadap daerah pedalaman Priangan.


mg2

Gubernur ini memerintahkan sebuah pasukan tentara di bawah komando Opsir Taunjiwa, seorang opsir pribumi, untuk mendirikan pangkalan kekuasaan perusahaan dagang Belanda di daerah pedalaman tersebut.

Pada tahun 1689, saat rombongan kumpeni Belanda sampai di pusat kekuasaan Pajajaran, mereka memutuskan untuk berhenti di sana.

Baca juga: Bikin Bulu Kuduk Merinding! Asal Usul Nama Kabupaten Gresik Beserta Sejarahnya Ternyata Bikin Misteri, Hayo Warga Jatim Tahu Gak Nih?

Baca juga: TRAGIS, Penyebab Kecelakaan Truk di Ogan Ilir Sebabkan Korban Tewas Ditempat! Kepala Mobil Hancur Tak Berbentuk

Baca juga: Parah! Kecelakaan Maut di Ogan Ilir Sebabkan Kepala Mobil Hancur Viral di Medsos, Kondisi Penumpang Tewas Seketika

Tujuan mereka adalah membabat hutan dan membuka lahan untuk keperluan perusahaan mereka. Setelah hutan tersebut berhasil dibabat, seluruh area tersebut kemudian dibakar. Setelah api padam, di antara sisa-sisa pohon yang hangus terlihat tumbuh satu pohon aren.

Dari peristiwa ini, tempat tersebut kemudian diberi nama "Bogor." Kata "Bogor" dalam bahasa Sunda memiliki arti sebagai pohon aren yang sudah tua atau pohon aren yang hangus akibat tersambar petir atau terbakar oleh api.

kelanjutan,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr