Wacana Pemekaran Kalimantan Barat, Ternyata Bukan Pontianak! Ketapang Sebagai Pusat dan Potensi Calon Daerah Baru

Wacana Pemekaran Kalimantan Barat, Ternyata Bukan Pontianak! Ketapang Sebagai Pusat dan Potensi Calon Daerah Baru

Pulau Kalimantan--

4. Potensi Wisata Pantai yang Mengagumkan

Kabupaten Ketapang, di Provinsi Kalimantan Barat, memiliki potensi wisata pantai yang masih sangat alami dan belum sepenuhnya dimanfaatkan.



adv

Beberapa pantai di wilayah ini, seperti Pantai Air Mata Permai, Pantai Kinjil, Pantai Tanjung Belandang, Pantai Pasir Putih, Pantai Tanjung Batu, dan Pantai Sungai Jawi, menawarkan pemandangan alam yang memukau.

Tidak hanya pantai, tetapi juga ada beberapa pulau di Kabupaten Ketapang yang dapat dijadikan destinasi ekowisata, seperti Pulau Sawi, Pulau Selawi, dan Pulau Cempedak.

5. Misteri Padang 12


mg2

Salah satu misteri menarik yang terkait dengan Kabupaten Ketapang adalah Misteri Padang 12. Misteri ini menjadi terkenal setelah kunjungan Raja Dangdut H. Rhoma Irama ke Kabupaten Ketapang.

Rhoma Irama terkejut melihat perkembangan dan pembangunan yang telah terjadi di wilayah ini, terutama di perkotaan.

Baca juga: Waduh Bandung Gak Kepilih! Kabupaten Ini Pilih Lakukan Pemekaran dan Lepas dari Jawa Barat, Gimana Tanggapan Warga?

Baca juga: Satu-satunya Kota di Jawa Timur yang Julukannya Republik Kopi, Bisa Tebak Dimana? Cek Fakta Menarik Bondowoso

Misteri Padang 12 sendiri berhubungan dengan daerah bernama Padang 12 yang diduga terletak di Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang. Meskipun masih menjadi misteri, hal ini menambah daya tarik Kabupaten Ketapang.

Ketapang memiliki semua potensi untuk menjadi ibu kota Provinsi Ketapang yang baru, jika rencana pemekaran daerah otonomi baru (DOB) berlanjut.

Dengan sejarah yang panjang, luas wilayah yang mencengangkan, potensi wisata yang belum sepenuhnya tergali, dan misteri-misteri menarik yang dimilikinya, Ketapang berpotensi menjadi pusat pembangunan yang mengagumkan di Kalimantan.

Meskipun masih dalam proses perencanaan, harapan baru bagi warga Ketapang akan terus menggelora dalam upaya menciptakan provinsi baru yang penuh potensi.***

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr