Wacana Pemekaran Kalimantan Barat, Ternyata Bukan Pontianak! Ketapang Sebagai Pusat dan Potensi Calon Daerah Baru

Wacana Pemekaran Kalimantan Barat, Ternyata Bukan Pontianak! Ketapang Sebagai Pusat dan Potensi Calon Daerah Baru

Pulau Kalimantan--

2. Kota Tertua di Kalimantan Barat

Kabupaten Ketapang memiliki sejarah yang panjang dan pernah dikenal dengan beberapa nama seperti Tanjungpura dan Matan sebelum akhirnya menjadi Kabupaten Ketapang.



adv

Bahkan, kabupaten ini memiliki predikat sebagai Kerajaan Tanjungpura yang menjadikannya salah satu kerajaan tertua di Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan sejarah yang kaya, Kabupaten Ketapang dianggap sebagai salah satu kabupaten atau kota tertua di Kalimantan Barat.

Baca juga: Fakta Menarik Karawang Jawa Barat yang Gak Boleh Kelewat! Lubung Padi Bersejarah Ini Jadi Saksi Kemerdekaan RI, Bisa Tebak Dimana?


mg2

Baca juga: Waduh Bandung Gak Kepilih! Kabupaten Ini Pilih Lakukan Pemekaran dan Lepas dari Jawa Barat, Gimana Tanggapan Warga?

3. Keberadaan yang Sering Dikira di Banyuwangi

Salah satu kebingungan umum di kalangan masyarakat Indonesia adalah mengenai lokasi Ketapang ini. Banyak yang keliru mengira Ketapang adalah bagian dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Hingga 80 persen penduduk Indonesia bahkan menganggap Ketapang adalah wilayah di Kabupaten Banyuwangi. Ini mungkin disebabkan oleh kemiripan nama dan kurangnya pemahaman tentang geografi di antara sebagian masyarakat.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr