Mana Tahan Mau Cari Tahu! Cerita Menarik dan Sejarah Kabupaten Blora Jawa Tengah Bikin Penasaran, Begini Asal Usulnya

Mana Tahan Mau Cari Tahu! Cerita Menarik dan Sejarah Kabupaten Blora Jawa Tengah Bikin Penasaran, Begini Asal Usulnya

Jawa Tengah -andri-hermawan/pexels-

Sejarah Blora 

Putrinya, yang dicalonkan menjadi penguasa selanjutnya, memutuskan untuk menjadi seorang brahmani, seorang ahli agama Hindu, dan tinggal di lereng Gunung Penanggungan. Putri ini menolak mahkota kerajaan, dan Prabu Airlangga bingung tentang siapa yang akan menggantikannya.

Sementara itu, kedua putra laki-laki Prabu Airlangga berselisih untuk merebut takhta. Konflik mereka semakin membesar, dan Prabu Airlangga mencari solusi.



adv

Putri yang menolak takhta mengusulkan pembagian negeri Kahuripan menjadi dua kerajaan, Jenggala dan Panjalu (atau Kediri).

Usulan ini disetujui setelah melalui pertimbangan, dan Mpu Baradah, seorang tokoh bijaksana, bertanggung jawab untuk membagi negeri tersebut.

Setelah pembagian Kahuripan selesai, Mpu Baradah diberi sebidang tanah yang dinamakan Bhurara, yang artinya "tanah yang diberikan raja kepada seorang anak atau orang yang berjasa kepada negara." Nama Bhurara seiring berjalannya waktu berubah menjadi Blura, dan kemudian menjadi Blora.


mg2

Baca juga: Kafe Unik di Jakarta Viral Usai Tawarkan Konsep Berbeda, Pekerjaan Lansia dan Desain Rumah Vintage Berasa di Rumah Nenek

Baca juga: Demi Drakor Kesayangan, Penulis Kang Bongkar Rahasia Kapan Moving Season 2 Jadi Kenyataan! Beberkan Bocorannya dan Sebut Akan Muncul Karakter Baru!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr