Begini Proses Gerhana Bulan Sebagian yang Terjadi Pada 29 Oktober 2023 di Seluruh Indonesia, Kapan Terjadi Lagi?

Begini Proses Gerhana Bulan Sebagian yang Terjadi Pada 29 Oktober 2023 di Seluruh Indonesia, Kapan Terjadi Lagi?

Bulan-sannil-sahil/unplash-

Dampak dari Gerhana Bulan 

Untuk wilayah Indonesia bagian barat, gerhana akan terjadi pada tengah malam, sementara wilayah Indonesia bagian timur dapat menyaksikan gerhana Bulan sebagian menjelang Bulan terbenam atau sekitar dini hari.

Puncak gerhana Bulan sebagian dijadwalkan terjadi pada pukul 03.14 WIB dini hari tanggal 29 Oktober 2023.



adv

Selain itu, fenomena gerhana Bulan ini bertepatan dengan fase purnama. Namun, Clara menjelaskan bahwa gerhana Bulan sebagian ini tidak memiliki dampak khusus pada Bumi.

Akan tetapi, fase purnama tersebut dapat memengaruhi pasang surut air laut, yang dapat berpotensi menyebabkan banjir rob.

Baca juga: TRAGIS! Tragedi di Apartemen Tangerang, WNA Korea Selatan Diduga Jadi Tersangka atas Pembunuhan Petugas Imigrasi, Lempar dari Lantai 19?


mg2

Baca juga: Sosoknya Disembunyikan Media, Ini Suami Cha Chung Hwa Pemeran Dayang Choi di Mr Queen, Warganet Dibuat Salfok

"Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan purnama. Jadi ada pengaruh purnama pada pasang surut air laut," kata Clara. Sebelumnya, Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo, juga telah menyampaikan potensi banjir rob yang berkaitan dengan fase bulan purnama pada periode tanggal 25 Oktober hingga 2 November 2023.

Nantinya mengenai dampak dari Gerhana Bulan ini bisa Anda rasakan ketika sejumlah daerah pesisir akan mengalami rob dan pasang yang cukup tinggi. 

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr