Begini Proses Gerhana Bulan Sebagian yang Terjadi Pada 29 Oktober 2023 di Seluruh Indonesia, Kapan Terjadi Lagi?

Begini Proses Gerhana Bulan Sebagian yang Terjadi Pada 29 Oktober 2023 di Seluruh Indonesia, Kapan Terjadi Lagi?

Bulan-sannil-sahil/unplash-

RIVAL.co.id - Begini Proses Gerhana Bulan Sebagian yang Terjadi Pada 29 Oktober 2023 di Seluruh Indonesia, Kapan Terjadi Lagi?

Gerhana Bulan sebagian merupakan salah satu peristiwa astronomi yang patut disimak, dan pada tanggal 29 Oktober 2023, Indonesia akan menjadi saksi dari fenomena alam menakjubkan ini.



adv

Ini adalah gerhana keempat yang akan terjadi pada tahun 2023, setelah gerhana Matahari hibrid pada April, gerhana Bulan penumbra pada Mei, dan gerhana Matahari cincin pada Oktober.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa gerhana adalah hasil dari dinamika pergerakan posisi Matahari, Bulan, dan Bumi. Untuk memahami gerhana Bulan sebagian, penting untuk mengetahui apa yang terjadi selama peristiwa ini.

Gerhana Bulan adalah saat cahaya Matahari terhalang oleh Bumi sehingga tidak seluruhnya mencapai Bulan. Ketika gerhana Bulan sebagian terjadi, ini berarti Bulan, Matahari, dan Bumi berada dalam sejajar sehingga sebagian piringan Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi.


mg2

Pada saat gerhana mencapai puncaknya, Bulan akan terlihat gelap dengan sentuhan merah di bagian yang tertutup oleh umbra Bumi.

Baca juga: Bocoran Sinopsis Drama Korea Castaway Diva Episode 1 Subtitle Indonesia - Kisah Calon Penyanyi Terdampar di Pulau Terpencil

Baca juga: Asal Usul Kata Gemoy? Berikut Ulasan Mengenai Kata Baru yang Lahir di Era Generasi Muda, Sampai Viral di Media Sosial!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr