Apa Itu Deepfake? Alat Bantu AI Viral yang Bisa Rubah Video Pidato Jokowi Jadi Jago Bahasa Mandarin, Kominfo Beri Langkah Tegas Bagi Penyebar Hoax

Apa Itu Deepfake? Alat Bantu AI Viral yang Bisa Rubah Video Pidato Jokowi Jadi Jago Bahasa Mandarin, Kominfo Beri Langkah Tegas Bagi Penyebar Hoax

Apa Itu Deepfake? Alat Bantu AI Viral yang Bisa Rubah Video Pidato Jokowi Jadi Jago Bahasa Mandarin, Kominfo Beri Langkah Tegas Bagi Penyebar Hoax-christopher-go/unplash-

RIVAL.co.id - Apa Itu Deepfake? Alat Bantu AI Viral yang Bisa Rubah Video Pidato Jokowi Jadi Jago Bahasa Mandarin, Kominfo Beri Langkah Tegas Bagi Penyebar Hoax. 

Konten video yang menyajikan pidato Presiden Joko Widodo dalam bahasa Mandarin dengan lancar menjadi viral di media sosial, dan segera menarik perhatian.



adv

Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) cepat tanggap dengan situasi ini dan mengungkapkan teknik pembuatan video tersebut.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan, dengan tegas menegaskan bahwa video tersebut adalah hasil suntingan yang menyesatkan.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, video tersebut memiliki kesamaan dengan video yang diunggah oleh kanal YouTube The U.S. - Indonesia Society (USINDO) pada 13 November 2015.


mg2

Saat dilihat secara visual, kedua video tersebut terlihat identik, namun ternyata video tersebut telah mengalami penyuntingan yang sangat mendalam.

Penyuntingan ini diduga memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dikenal sebagai deepfake.

Dengan teknologi deepfake, seseorang dapat dengan canggih mengubah wajah dan suara orang dengan cara yang sangat meyakinkan, menciptakan ilusi bahwa orang tersebut sedang berbicara dalam bahasa yang berbeda atau melakukan tindakan yang sebenarnya tidak pernah mereka lakukan.

Baca juga: Sosoknya Disembunyikan Media, Ini Suami Cha Chung Hwa Pemeran Dayang Choi di Mr Queen, Warganet Dibuat Salfok

Baca juga: Gimana Cara Vote Bilboard Music Awards 2023? Simak Nominasi Terlenkap BMA Tahun Ini, Taylor Swift Terima 20 Nominasi

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr