Warga Sumatera Bingung, Segera Muncul 3 Provinsi Baru Hasil Pemekaran Sumatera Utara, Ini Info Lengkap 3 Wilayah Baru Itu

Warga Sumatera Bingung, Segera Muncul 3 Provinsi Baru Hasil Pemekaran Sumatera Utara, Ini Info Lengkap 3 Wilayah Baru Itu

Sumatera Utara--

2. Provinsi Tapanuli

Baca juga: Siap Meluncur, 5 Kabupaten Daerah Otonom Baru di Kalimantan Selatan, Cek Infonya di SIni

Rencana pembentukan Provinsi Tapanuli diusulkan sebagai salah satu provinsi baru yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara.



adv

Mengingat Provinsi Sumatera Utara memiliki 33 kabupaten/kota, menjadikannya provinsi dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak di Pulau Sumatera.

Enam wilayah yang diusulkan untuk bergabung dalam Provinsi Tapanuli adalah Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kota Sibolga, dan Kabupaten Humbang Hasudutan.

Keseluruhan wilayah tersebut mencakup populasi sekitar 1,32 juta jiwa dengan total luas wilayah 12.750 kilometer persegi. Jika pembentukan provinsi ini terealisasi, maka Danau Toba akan berada dalam wilayah Provinsi Tapanuli.


mg2

Sementara itu, rencana untuk ibu kota provinsi baru ini adalah Siborong-borong atau Tarutung di Kabupaten Tapanuli Utara, meski Kota Sibolga juga menjadi salah satu pertimbangan.

Baca juga: Tok! Ini Batasan Usia Pensiun BKN 2023, UU PNS Rombak Batasan Hingga Usia Ini, Cek Segera

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr