Warga Sumatera Bingung, Segera Muncul 3 Provinsi Baru Hasil Pemekaran Sumatera Utara, Ini Info Lengkap 3 Wilayah Baru Itu

Warga Sumatera Bingung, Segera Muncul 3 Provinsi Baru Hasil Pemekaran Sumatera Utara, Ini Info Lengkap 3 Wilayah Baru Itu

Sumatera Utara--

RIVAL.co.id - Ada rencana untuk membentuk tiga provinsi baru dari pemekaran Provinsi Sumatera Utara. Inisiatif pembentukan daerah otonomi baru (DOB) ini terus muncul di berbagai provinsi di Indonesia.

Tidak hanya terbatas pada pembentukan kabupaten baru, tetapi juga termasuk pembentukan provinsi-provinsi baru. Sebagai contoh, ada rencana untuk memisahkan tiga area dari Provinsi Sumatera Utara.



adv

Baca juga: Babat Alas! Inikah Asal Usul Nama 4 Kota dan Kabupaten di Kalimantan Timur, Diduga Hasil Pemberian Leluhur Zaman Dulu?

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Asal Usul 4 Kota dan Kabupaten di Kaltim yang Perlu Ketahui, Terdiri dari Unsur Budaya hingga Sejarah Pembentukan Wilayah!

Ini mirip dengan proposal yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, di mana ada usulan untuk pembentukan Provinsi Sumatera Selatan Barat atau yang dikenal dengan Sumselbar.


mg2

Dari tiga provinsi baru yang diusulkan dari pemekaran Provinsi Sumatera Utara, salah satunya adalah Provinsi Kepulauan Nias. Alasan di balik pemekaran ini antara lain adalah perbedaan kondisi geografis dan latar belakang budaya.

1. Provinsi Kepulauan Nias

Provinsi Kepulauan Nias, jika terealisasi, akan mencakup lima kabupaten/kota, yakni Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, dan Kota Gunungsitoli.

Baca juga: Andre Andika Pecahkan Rekor Muri Usai Berhasil Buat Lukisan Wajah Presiden dengan 43 Ribu Nama Desa di Indonesia, Selesai Setahun

Dengan rencana untuk menjadikan Kota Gunungsitoli sebagai ibukota dari Provinsi Kepulauan Nias.

Dari kelima daerah tersebut, total penduduk yang akan menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Nias diperkirakan mencapai lebih dari 890 ribu jiwa, dengan luas wilayah keseluruhan mencapai 5,62 ribu kilometer persegi.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr