Siap Meluncur, 5 Kabupaten Daerah Otonom Baru di Kalimantan Selatan, Cek Infonya di SIni

Siap Meluncur, 5 Kabupaten Daerah Otonom Baru di Kalimantan Selatan, Cek Infonya di SIni

Kotabaru--

RIVAL.co.id - Siap Meluncur, 5 Kabupaten Daerah Otonom Baru di Kalimantan Selatan, Cek Infonya di SIni

Ada rencana pemekaran kabupaten baru yang berasal dari Kabupaten Kotabaru di Provinsi Kalimantan Selatan. Sebagai langkah awal, terdapat lima wacana pembentukan kabupaten daerah otonomi baru dari Kabupaten Kotabaru tersebut.



adv

Pertimbangan pemekaran ini bukan tanpa alasan. Kabupaten Kotabaru memiliki luas wilayah sebesar 9.442 kilometer persegi, yakni lebih dari seperempat total luas Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca juga: Pemerintah Siapkan 2 Provinsi Baru Jadi Penyangga Ibukota Negara yang Segera Diluncurkan

Baca juga: Hasil Denmark Open 2023: 4 Wakil Indonesia Maju 16 Besar, Ini Jadwal Terbaru Jumat 20 Oktober 2023


mg2

Selain itu, berdasarkan data BPS tahun 2020, kabupaten ini berpenduduk sekitar 347 ribu jiwa yang tersebar di 21 kecamatan dan 201 desa/kelurahan. Uniknya, penduduk Kabupaten Kotabaru mayoritas berada di kawasan pulau-pulau, dengan jumlah pulau mencapai sekitar 140.

Kondisi geografis dan demografis ini mendorong kebutuhan akan pemekaran. Bupati Kotabaru, H Irhami Ridjani, mendukung penuh rencana ini.

Menurutnya, mengingat luas wilayah Kabupaten Kotabaru yang mencapai hampir seperempat dari Provinsi Kalimantan Selatan, potensi pembentukan lima kabupaten baru sangat mungkin.

Bupati Irhami menambahkan bahwa pihaknya sudah mulai mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung, termasuk pembangunan jalan dan pelabuhan, serta fasilitas layanan publik di setiap kecamatan yang akan menjadi calon ibu kota kabupaten baru.

Baca juga: Siapa Yoo Ah In? Sosok Aktor Korea yang Didakwa Atas Kasus Narkoba Selama 3 Tahun, Pernah Main Bareng Song Hye Kyo

Baca juga: DO EXO Jadi Petani di Variety Show GBRB: Reap What You Sow (2023) Ditayangkan Kapan? Berikut Jadwal Tayang Beserta Bocoran Sinopsis

Anggaran pembangunan akan bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dan juga APBN.

Kelima kabupaten yang diusulkan dari pemekaran Kabupaten Kotabaru meliputi: Kabupaten Pamukan, Kabupaten Kelumpang, Kabupaten Pulaulaut, Kabupaten Pulau Sebuku, dan Kota Madya Kotabaru.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr