Waspada! Penipuan Berbasis File APK, Begini Tips Jitu Menghindarinya dan Tindakan yang Perlu Dilakukan Saat Terjebak! 

Waspada! Penipuan Berbasis File APK, Begini Tips Jitu Menghindarinya dan Tindakan yang Perlu Dilakukan Saat Terjebak! 

penipuan-10634669/pixabay-

Rival.co.id - Waspada! Penipuan Berbasis File APK, Begini Tips Jitu Menghindarinya dan Tindakan yang Perlu Dilakukan Saat Terjebak! 

Penipuan dalam bentuk file Android Package Kit (APK) tengah mencuat sebagai modus kejahatan terbaru di tahun 2023.



adv

Modus penipuan ini dilakukan melalui pesan berisi file APK yang disebarkan kepada siapa saja yang menerimanya, dengan ancaman potensial berupa peretasan dan kerusakan pada perangkat ponsel mereka.

Baca juga: Asal Usul Banyuwangi Ini Dijamin Bikin Kaget Warga Osing! Inilah Fakta Menarik dan Asal Mula Nama Kota Banyuwangi

Baca juga: Sedap Puas Kantong Aman! Ini Rekomendasi Kuliner di Blitas, Dijamin Maknyus dan Harganya Bersahabat


mg2

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi yang dirancang untuk melindungi perangkat dari ancaman seperti ini, seperti Google Play Protect yang mampu mendeteksi virus dan menghindari modus kejahatan, tetap saja penting untuk berhati-hati.

Berikut adalah cara menghindari penipuan berbasis file APK dan langkah-langkah untuk mengatasi jika Anda menjadi korban:

1. Jangan Asal Klik dan Unduh

Saat menerima pesan dari orang yang tidak dikenal atau pesan spam di grup, seperti undangan pernikahan digital, tagihan listrik, air, atau resi pengiriman, sebaiknya jangan segera mengklik atau mengunduhnya.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Bawah Laut Indonesia, Ternyata Banyak Fakta Menarik yang Bisa Disimak

Baca juga: Jangan Langsung Mampir! Ternyata Ini 10 Teramai di Dunia, Bikin Stress Ngak Bisa Gerak

Apabila Anda sudah melakukan tindakan tersebut, segera lakukan factory reset atau kembalikan perangkat ke pengaturan pabrik.

2. Konfirmasi dan Laporkan yang Mencurigakan

Untuk menghindari virus dan penipuan berbasis APK, selalu lakukan konfirmasi terkait pesan yang Anda terima, baik dengan kerabat dekat maupun pihak yang terpercaya.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr