Provinsi Banten Fix Dirombak? Isu Baru Pemekaran Wilayah Banten, Daerah Mana Saja?

Provinsi Banten Fix Dirombak? Isu Baru Pemekaran Wilayah Banten, Daerah Mana Saja?

Peta Banten--

RIVAL.co.id - Provinsi Banten, salah satu provinsi di Pulau Jawa, sedang menjadi sorotan terkait isu pemekaran wilayah.

Secara astronomis, Provinsi Banten terletak antara 05007'50" dan 07001'01" lintang selatan, serta 105001'11" dan 106007'12" bujur timur.



adv

Wilayah ini memiliki batas-batas yaitu Laut Jawa di sebelah Utara, Samudera Hindia di sebelah Selatan, Selat Sunda di sebelah Barat, dan Provinsi DKI Jakarta serta Provinsi Jawa Barat di sebelah Timur. Menurut Badan Pusat Statistik, luas wilayah Provinsi Banten mencapai 9.662,92 km2.

Provinsi Banten terdiri dari delapan wilayah administratif yang terbagi menjadi empat kabupaten dan empat kota, yaitu Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan.

Namun, belakangan ini muncul isu bahwa Provinsi Banten akan mengalami pemekaran menjadi provinsi baru dengan lima daerah administratif.


mg2

Namun, apakah isu tersebut benar adanya? Dan apa saja kelima daerah baru terkait pemekaran wilayah dari Provinsi Banten?

Dilansir dari sebuah video yang diunggah oleh Mahasiswa Geografi pada tanggal 4 Februari 2022, berikut adalah ulasan terkait lima daerah baru yang menjadi isu pemekaran wilayah dari Provinsi Banten.

Provinsi baru hasil pemekaran Provinsi Banten disebut Provinsi Tangerang Raya.

Wilayah Provinsi Tangerang Raya akan terdiri dari lima daerah, yaitu dua kabupaten dan tiga kota. Daerah-daerah tersebut adalah:

  1. Kabupaten Tangerang
  2. Kabupaten Tangerang Utara
  3. Kota Tangerang
  4. Kota Tangerang Tengah
  5. Kota Tangerang Selatan

Untuk ibu kota provinsi, direncanakan akan berada di Kota Tangerang.

Namun, perlu diingat bahwa isu mengenai pemekaran Provinsi Banten menjadi provinsi baru saat ini masih dalam tahap wacana.

Proses pemekaran wilayah membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

Demikianlah ulasan terkait lima daerah baru yang menjadi isu pemekaran wilayah dari Provinsi Banten. Kami akan terus memantau perkembangan isu ini yang menjadi perhatian banyak pihak.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr