Banyak yang Gak Percaya, Asal Usul Nama Rembang Berasal dari Kisah Legendaris Ini! Simak Fakta Menarik hingga Julukan Unik Kota Rembang Jateng

Banyak yang Gak Percaya, Asal Usul Nama Rembang Berasal dari Kisah Legendaris Ini! Simak Fakta Menarik hingga Julukan Unik Kota Rembang Jateng

Jalan Simpang -awan/unplash-

Asal-usul Nama Rembang

Asal-usul nama Rembang berasal dari sebuah kisah legendaris yang tertulis dalam manuskrip kuno yang disusun oleh Mbah Guru.

Kisah ini membawa kita kembali ke tahun Saka 1336 atau 1447 Masehi, ketika delapan keluarga dari Campa Banjarmlati, yang dikenal sebagai ahli pembuat gula tebu, memutuskan untuk mencari tempat baru.



adv

Mereka memutuskan untuk berlayar menuju barat dan dipimpin oleh seorang kakek bernama Pow Ie Din.

Perjalanan mereka akhirnya membawa mereka ke sebuah sungai yang dikelilingi oleh hutan bakau. Melihat pohon bakau yang tumbuh dengan tidak beraturan, mereka menebangnya untuk membentuk tanah lapang.

Di tanah lapang tersebut, mereka membangun perkampungan yang diberi nama Kabongan, diambil dari nama pohon bakau yang mereka tebang.


mg2

Baca juga: WASPADALAH! Modus Baru Pencurian di Lombok Barat, Pura-Pura Tolong Korban Kecelakaan, Bawa Kabur Motor dan HP

Baca juga: Profil Rowoon Lengkap Biodata dan Medsos, Pilih Keluar Idol Grup SF9 Ingin Fokus Jadi Aktor

Kisah menarik ini mencapai puncaknya pada saat pemangkasan tebu. Sebelum memulai pemangkasan, warga Kabongan akan melaksanakan upacara suci, sembahyang, dan semedi pada hari Rabu Legi, Minggu Kasadha, Bulan Waisaka, dan Tahun Saka 1337.

Dalam upacara ini, mereka akan "ngrembang" atau memangkas dua pohon tebu yang disebut sebagai "tebu pengantin." Ritual ini dikenal sebagai Ngrembang Sakawit dan menjadi asal-usul nama Kabupaten Rembang.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr