Daerah Ini Resmi Jadi Ibukota Baru Provinsi DI Surakarta, 7 Daerah Terpilih Bakal Tersingkir dari Jawa Tengah

Daerah Ini Resmi Jadi Ibukota Baru Provinsi DI Surakarta, 7 Daerah Terpilih Bakal Tersingkir dari Jawa Tengah

daerah-muhammad-arief/unplash-

RIVAL.co.id - Daerah Ini Resmi Jadi Ibukota Baru Provinsi DI Surakarta, 7 Daerah Terpilih Bakal Tersingkir dari Jawa Tengah. 

Perbincangan mengenai kemungkinan pemekaran wilayah di Jawa Tengah semakin hangat, memunculkan ide pembentukan dua provinsi baru, yaitu Provinsi Banyumasan dan Provinsi D.I Surakarta, yang menjadi fokus perhatian masyarakat.



adv

Jawa Tengah, atau Jateng, adalah provinsi terbesar ketiga di Pulau Jawa, dengan luas wilayah mencapai 34.337,48 kilometer persegi.

Provinsi ini menjadi tempat tinggal bagi sekitar 37 juta penduduk pada tahun 2022, yang tersebar merata di wilayah yang terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota.

Baca juga: Karier Capai Puncak! Ternyata Karina Dinda Lestari Pernah Menjadi Salah Satu Finalis Puteri Indonesia Sulawesi Selatan, Berprestasi Banget!


mg2

Baca juga: Detik-detik Viral Kakek Asal Tangerang Naik Sepeda dari Indonesia ke Mekkah Demi Bisa Haji, Warganet Beri Pujian hingga Doa

Isu pemekaran wilayah menjadi sorotan karena tingginya kepadatan penduduk di Jawa Tengah. Dalam konteks ini, dua provinsi baru, yaitu Provinsi Banyumasan dan Provinsi D.I Surakarta, muncul sebagai usulan pemekaran.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 35 UU No. 23 Tahun 2014, salah satu persyaratan penting untuk membentuk provinsi baru adalah memiliki minimal 5 daerah kabupaten/kota.

Dengan memenuhi syarat ini, Provinsi Banyumasan dan Provinsi D.I Surakarta diusulkan sebagai hasil pemekaran Jawa Tengah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr