Mengungkap Rahasia Bawah Laut Indonesia, Ternyata Banyak Fakta Menarik yang Bisa Disimak

Mengungkap Rahasia Bawah Laut Indonesia, Ternyata Banyak Fakta Menarik yang Bisa Disimak

Laut Indonesia--

RIVAL.co.id - Rahasia samudra dalam dan lautan kita masih tersegel; dan adalah kewajiban kita untuk mengekspos dan mengungkap misteri serta mempelajari kemungkinan penggunaan sumber daya laut yang hidup dan tak hidup untuk menghasilkan inovasi ilmiah baru.

Sekitar 62 persen wilayah Indonesia, yang terletak strategis antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, terdiri dari air. Negara kepulauan ini memiliki luas laut total sekitar 6,4 juta kilometer persegi dan garis pantai seluas 108 ribu kilometer.



adv

Baca juga: Bikin Konten Makan Babi dengan Baca Bismillah, Wanita Ini Divonis 2 Tahun Penjara

Baca juga: Makin Miris! Pengakuan Baru, Ternyata Artis Film Porno Film yang Dibuat Irwansyah Hanya Dibayar Rp 1 Juta

Meskipun Indonesia adalah negara kepulauan terbesar, eksplorasi laut dalam di negara ini tetap terbatas. Laut dalam Indonesia masih menyimpan rahasia kehidupan laut, keragaman, dan sumber daya yang menunggu untuk diungkap.


mg2

Menurut direktur pelaksana Badan Riset dan Inovasi Nasional untuk manajemen armada kapal, Nugroho Dwi Hananto, pada tingkat global, hingga 80 persen laut dan samudra di Bumi masih perlu dipetakan secara detail melalui eksplorasi laut yang berkelanjutan untuk memungkinkan pemetaan yang lebih rinci.

Direktur pelaksana juga mengatakan bahwa kurang dari 20 persen laut Indonesia telah dieksplorasi dan dipetakan dengan baik, meninggalkan kesenjangan informasi yang signifikan yang membutuhkan eksplorasi ilmiah dan eksploitasi ekonomi yang berkelanjutan.

Situasi saat ini seharusnya memotivasi para peneliti Indonesia untuk melakukan penelitian guna memperoleh informasi dan data tentang area laut yang belum dieksplorasi yang dapat menghasilkan penemuan ilmiah baru, katanya.

"Rahasia samudra dalam dan lautan kita masih tersegel; dan adalah kewajiban kita untuk mengekspos dan mengungkap misteri serta mempelajari kemungkinan penggunaan sumber daya laut yang hidup dan tak hidup untuk menghasilkan inovasi ilmiah baru," kata Hananto.

Baca juga: Ngak Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Fakta-Fakta Menarik, Sejarah dan Asal-Usul Pandeglang Banten

Laut dangkal—laut dengan kedalaman kurang dari 200 meter seperti Laut Jawa dan Laut Natuna—hanya mencakup 30–40 persen dari laut Indonesia, katanya.

Sebaliknya, sekitar 60 persen laut Indonesia memiliki kedalaman lebih dari 200 meter—titik terdalam di Indonesia terletak di Laut Banda, yang memiliki kedalaman 7.400 meter di bawah permukaan laut.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr