Kabar Isu Bergabungnya 6 Daerah dengan Surakarta, Misteri Pemekaran Jawa Tengah Benar Terjadi Atau Tidak?

Kabar Isu Bergabungnya 6 Daerah dengan Surakarta, Misteri Pemekaran Jawa Tengah Benar Terjadi Atau Tidak?

daerah-andreas-guck/unplash-

Rival.co.id - Kabar Isu Bergabungnya 6 Daerah dengan Surakarta, Misteri Pemekaran Jawa Tengah Benar Terjadi Atau Tidak?

Pulau Jawa, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kawasan Indonesia sejak disahkan oleh pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1950.



adv

Namun, perbincangan tentang pemekaran provinsi ini semakin menjadi sorotan di tengah luasnya wilayah dan padatnya penduduk.

Baca juga: Baca Manhwa Revenge of the Iron-Blooded Sword Hound Chapter 48 SUB INDO RAW EN, Bocoran Cerita Manhwa Ch 48 Bahasa Indonesia

Baca juga: Baca Lazy Prince Becomes a Genius Chapter 96 Bahasa Indonesia, Link Komik Reformation of the Deadbeat Noble Legal Bukan di Komiku & Komikcast


mg2

Baca juga: Kapan Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Jawa Barat? Cek Syarat, Ketentuan dan Jenis Denda, Urang Bandung Wajib Tahu!

Secara geografis, Jawa Tengah adalah tetangga bagi tiga provinsi lain, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Provinsi ini memiliki kompleksitas tersendiri, terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota yang membentang luas.

Dengan luas wilayah mencapai 32.800 kilometer persegi, beberapa pihak berpendapat bahwa provinsi ini mungkin terlalu besar, memunculkan kekhawatiran terkait efisiensi pelayanan dan pembangunan.

Selain aspek geografis, padatnya populasi di Jawa Tengah juga menjadi salah satu perhatian utama. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, populasi Jawa Tengah mencapai angka mencengangkan, yakni 37.032.410 jiwa.

Angka tersebut sejatinya cukup besar untuk ukuran sebuah provinsi, yang membuat pertanyaan tentang kebutuhan pemekaran semakin relevan.

Muncul berbagai usulan terkait pemekaran Jawa Tengah, di mana salah satu konsep yang menonjol adalah pemisahan beberapa wilayah untuk membentuk provinsi baru.

Usulan ini mencakup enam kabupaten dan sebuah kota penting, yaitu Surakarta, atau yang lebih akrab dengan sebutan Solo.

Surakarta, yang memiliki faktor sejarah yang kuat, dianggap sebagai pilihan yang tepat untuk menjadi ibu kota provinsi baru ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr