Kabar Terkini! 6 Daerah di Jawa Tengah Menggagas Bergabung dengan Surakarta, Apakah Ini Kenyataannya?

Kabar Terkini! 6 Daerah di Jawa Tengah Menggagas Bergabung dengan Surakarta, Apakah Ini Kenyataannya?

daerah-Pexels/pixabay-

Rival.co.id - Kabar Terkini! 6 Daerah di Jawa Tengah Menggagas Bergabung dengan Surakarta, Apakah Ini Kenyataannya?

Jawa Tengah, provinsi yang terletak di Pulau Jawa, merupakan salah satu entitas pemerintahan yang telah diakui oleh pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1950.



adv

Wilayahnya geografis berada di antara tiga provinsi tetangga yang cukup terkenal: Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Baca juga: Baca Komik Han Dae Sung Returned From Hell Chapter 55 Full Bahasa Indonesia, Lengkap Link Legal Bukan di Komikcast

Baca juga: Kapan Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Jawa Barat? Cek Syarat, Ketentuan dan Jenis Denda, Urang Bandung Wajib Tahu!


mg2

Menurut informasi yang terdapat di situs resmi pemerintah Jawa Tengah, provinsi ini terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota yang membentang di seluruh penjuru wilayah.

Namun, banyak pihak merasa bahwa ukuran wilayah provinsi ini terlalu besar. Dengan luasnya mencapai 32.800 kilometer persegi dan sejumlah besar kabupaten dan kota di dalamnya, beberapa orang mulai merasa waswas.

Selain itu, provinsi ini juga menyandang beban populasi yang cukup signifikan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, penduduk Jawa Tengah telah mencapai angka 37.032.410 jiwa.

Baca juga: BACA The Constellations Are My Disciples Chapter 43 SUB INDO, Cek Update Terbaru Bahasa Indonesia Bukan di Komikcast

Baca juga: Kota Terdingin di Sumatera Utara Ini Kalahkan Malang? Cek Fakta Menarik Berastagi yang Bikin Geleng-geleng Warganya Nih

Angka ini, bagi sebagian pihak, mengindikasikan sebuah tantangan besar yang perlu diatasi dalam pengelolaan wilayah ini.

Seiring dengan kompleksitas wilayah dan populasi yang semakin meningkat, muncul beragam usulan dan gagasan.

Salah satu usulan menarik adalah pemekaran Jawa Tengah dengan menciptakan provinsi baru yang akan berdiri bersama dengan Jawa Tengah. Usulan ini mencakup enam kabupaten serta satu kota yang sangat bersejarah.

Kota tersebut adalah Surakarta, yang juga lebih populer dengan sebutan Solo. Surakarta dianggap sebagai calon ibu kota provinsi baru ini karena faktor sejarah yang mengikatnya.

Solo merupakan pusat Kerajaan Mataram sebelum akhirnya terpecah oleh tangan Belanda melalui Perjanjian Giyanti.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr