Kabupaten Simeulue Ini Gadang Bisa Gantikan NAD Jadi Ibukota? Simak Potensi Keunggulan Wilayah Terbesar dan Paling Sejahtera di Aceh

Kabupaten Simeulue Ini Gadang Bisa Gantikan NAD Jadi Ibukota? Simak Potensi Keunggulan Wilayah Terbesar dan Paling Sejahtera di Aceh

Ilustrasi-kasia/unplash-

Potensi Simeulue Aceh

Potensi Kelautan yang Menakjubkan

Dalam satu dekade terakhir, Kabupaten Simeulue mulai dikenal luas berkat hasil lautnya yang luar biasa, terutama lobster laut yang memiliki ukuran yang cukup besar.



adv

Produk ini diekspor ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, bahkan hingga ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. Ini menjadi salah satu sumber pendapatan yang signifikan bagi penduduk setempat.

Jejak Perkebunan yang Tak Terlupakan

Kabupaten ini juga terkenal dengan hasil cengkihnya pada masa lalu, terutama pada era 1970 hingga 1990. Selain itu, hasil perkebunan lainnya adalah kopra yang diperoleh dari pohon kelapa yang tumbuh subur di sepanjang pantai Pulau Simeulue.


mg2

Baca juga: Meta Buat Inovasi Baru! Kendal Jenner Bakal Hadir di Chatbot AI Jadi Instruktur Olahraga Loh, Gimana Caranya?

Ada juga perkebunan kelapa sawit yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah melalui Perusahaan Daerah Kelapa Sawit (PDKS) di Kecamatan Teluk Dalam dan Teupah Selatan. Produksi perkebunan ini berkontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Simeulue.

Hutan dan Kekayaan Rotan

Hasil hutan juga menjadi salah satu kekayaan Kabupaten Simeulue. Rotan adalah sumber utama bagi pabrik-pabrik meubel di daerah lain, seperti Cirebon, Jawa Barat.

Di tahun 2008, diharapkan hasil perkebunan kelapa sawit yang dimiliki oleh masyarakat dan swakelola Pemerintah Kabupaten Simeulue akan semakin meningkatkan pendapatan daerah.

Baca juga: Capai Suhu Panas Luar Biasa, Menilik Keunikan Daerah Berketinggian Rendah di Sulawesi Tengah, Berikut Info Lokasinya!

Baca juga: Kena Tipu! Alda Augustine dan Yenni Ermella Segera Urus Pelaporan Penipuan Arisan Tas Mewah, Hans Virgoro Diduga Jadi Tersangka?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr