Kabupaten Gorontalo Meluas Bentuk Boliyohuto, Kecamatan Ini Masuk Daerah Baru dan Terungkap Mana Ibukotanya

Kabupaten Gorontalo Meluas Bentuk Boliyohuto, Kecamatan Ini Masuk Daerah Baru dan Terungkap Mana Ibukotanya

Misteri! Asal Usul Daerah Bekasi hingga Menguak Jejak Baghasasi dari Zaman Prasasti Tugu-UNPLASH-

RIVAL.co.id - Kabupaten Gorontalo Meluas Bentuk Boliyohuto, Kecamatan Ini Masuk Daerah Baru dan Terungkap Mana Ibukotanya. 

Provinsi Gorontalo, yang terletak di Pulau Sulawesi, tengah bersiap untuk menghadirkan pemekaran wilayah atau pemekaran daerah.



adv

Salah satu wacana yang tengah mendapat perhatian adalah rencana pembentukan daerah otonomi baru, Kabupaten Boliyohuto, sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Gorontalo yang berada di wilayah Provinsi Gorontalo.

Meskipun saat ini masih dihadapkan pada kendala berupa moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, pembentukan Kabupaten Boliyohuto diusulkan berdasarkan aspirasi langsung dari warga dan tokoh masyarakat setempat.

Rencana pemekaran ini melibatkan lima kecamatan yang akan menjadi bagian dari Kabupaten Boliyohuto, yaitu Kecamatan Tolongohua, Kecamatan Mootilango, Kecamatan Bilato, Kecamatan Boliyohuto, dan Kecamatan Asparaga.


mg2

Pusat pemerintahan baru Kabupaten Boliyohuto direncanakan akan berlokasi di Kecamatan Tolangohula.

Rencana pemekaran ini menjadi langkah penting dalam upaya memajukan daerah dan memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, meskipun masih dalam tahap perencanaan.

Selain wacana pembentukan Kabupaten Boliyohuto, Provinsi Gorontalo juga memiliki rencana pemekaran lain yang tak kalah ambisius.

Mereka berencana untuk membentuk satu kota dan dua kabupaten daerah otonomi baru, yang saat ini tinggal menunggu peresmian dari Pemerintah Pusat.

Baca juga: 5 Kecamatan Ini Resmi Keluar Gorontalo Demi Masuk Boliyohuto! Jangan Kaget Luasnya Bisa Capai 126,32 Km

Baca juga: Provinsi Baru Indonesia Bukan Berasal dari IKN! Ternyata Kabupaten Asahan di Sumut Ini Bakal Jadi Calon Daerah, Ini Ibukotanya

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr