Provinsi Jambi Mantap Tambah Kabupaten Baru, 3 Kecamatan Ini Dipastikan Keluar Demi Terwujudnya Hal Ini, Cek Wilayah Anda Termasuk?

Provinsi Jambi Mantap Tambah Kabupaten Baru, 3 Kecamatan Ini Dipastikan Keluar Demi Terwujudnya Hal Ini, Cek Wilayah Anda Termasuk?

ILUSTRASI -hafizh-maryansyah/unplash-

RIVAL.co.id - Provinsi Jambi Mantap Tambah Kabupaten Baru, 3 Kecamatan Ini Dipastikan Keluar Demi Terwujudnya Hal Ini, Cek Wilayah Anda Termasuk?

Provinsi Jambi, yang terletak di Pulau Sumatera, memiliki sejarah panjang dalam pengembangan struktur administratifnya.



adv

Sebagai upaya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), beberapa pemekaran wilayah telah terjadi sejak pembentukannya.

Pada awalnya, Provinsi Jambi terdiri dari 5 Kabupaten dan 1 Kota. Namun, seiring berjalannya waktu, pemekaran wilayah administratif menjadi solusi untuk mengejar kemajuan.

Melalui Undang-Undang Nomor 54 tahun 1999, Provinsi Jambi melahirkan empat kabupaten baru, yakni Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.


mg2

Hal ini menjadikan Provinsi Jambi memiliki secara administratif 9 Kabupaten dan 2 Kota pada tahun 2010.

Tinjauan yang lebih mendalam atas perubahan struktur administratif ini mengungkap upaya pemerintah Provinsi Jambi dalam meningkatkan pelayanan dan pembangunan di daerah tersebut.

Baru-baru ini, upaya pemekaran wilayah ini kembali menjadi sorotan ketika Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, mengusulkan pembentukan tiga wilayah kabupaten baru dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di provinsi tersebut.

Usul pemekaran wilayah ini dipersembahkan saat kunjungan kerja ke Jambi kepada Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Baca juga: Jambi Diprediksi Punya 8 Kabupaten dan 1 Kota, Tiga Daerah Baru Segera Lahir! Kerinci Mekar dan Bentuk Wilayah Baru

Baca juga: Berapa Usia Oyanagi Emi? Trainee Asal Indonesia yang Lolos Produce 101 Japan, Simak Biodata dan Sosok Wajah Cantiknya

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr