Provinsi Baru Indonesia Bukan Berasal dari IKN! Ternyata Kabupaten Asahan di Sumut Ini Bakal Jadi Calon Daerah, Ini Ibukotanya

Provinsi Baru Indonesia Bukan Berasal dari IKN! Ternyata Kabupaten Asahan di Sumut Ini Bakal Jadi Calon Daerah, Ini Ibukotanya

Peta Indonesia 38 Provinsi--

Wacana pemekaran Provinsi Sumatera Timur juga memiliki dasar sejarah yang kuat. Pada masa lalu, Sumatera Timur pernah menjadi negara tersendiri dengan nama Negara Sumatera Timur antara tahun 1947-1950, sebagai bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS).

Namun, Negara Sumatera Timur kemudian dihapus dan menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Utara.



adv

Wacana ini memperoleh dukungan dari sebagian warga dan tokoh masyarakat yang melihat pemekaran sebagai upaya mengembalikan kejayaan masa lalu.

Meskipun pemekaran wilayah menjadi topik yang kontroversial, pemenuhan persyaratan serta dukungan dari akademisi dan masyarakat menjadi faktor penting dalam mewujudkannya.

Baca juga: Geger! TikTok Shop Bakal Buka 10 November 2023, Benarkah? Ini Jawaban Menteri Perdagangan dan Kepastiannya


mg2

Baca juga: LINK Streaming Nonton Langsung MotoGP Mandalika 2023, Pemenang Sprint Race Bakal Berjaya? Live di Trans 7

Di Indonesia, wacana pemekaran wilayah dan pembentukan provinsi baru bukan hal yang langka. Banyak provinsi telah mengajukan usulan serupa, termasuk Sumatera Selatan yang mengusulkan pembentukan Provinsi Sumatera Selatan Barat.

Di Provinsi Sumatera Utara juga ada usulan untuk membentuk tiga provinsi baru, seperti Provinsi Kepulauan Nias, Provinsi Tapanuli, dan Provinsi Sumatera Tenggara.

Meskipun isu pemekaran wilayah selalu menimbulkan berbagai pandangan, pemenuhan syarat, kajian, dan pengawasan yang ketat akan menjadi hal penting untuk menjaga proses ini berjalan sesuai dengan etika dan prinsip keamanan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr